Detak-Palembang.com LONDON – Kevin De Brune berhasil memanfaatkan umpan silang Gabriel Jesus di menit pertama. Gol pertama ini melengkapi kemenagan Manchester City dengan skor 3-0 kala bertandang ke markas Arsenal dalam matchday ke-17 Liga Inggris 2019-2020. Di laga ini Kevin De Bruyne berhasil menyumbang dua gol serta satu assist.

Skuad besutan Josep Guardiola itu sudah mencetak gol di menit pertama melalui skema serangan balik, Gabriel Jesus merangsek ke dalam kotak penalti Arsenal dan memberikan umpan silang. Bola kemudian disambut oleh Kevin De Bruyne yang berdiri bebas dan membuat Man City unggul 1-0.

Tertinggal satu gol tentunya tak membuat Arsenal berdiam diri. Pada menit kedelapan Pierre-Emerick Aubameyang melepaskan tembakan kaki kiri ke arah gawang Man City. Akan tetapi, bola masih bisa ditepis Ederson Moraes. Bola rebound kemudian disambar Nicolas Pepe. Sayangnya, sepakan Pepe tersebut masih bisa diblok.

Alih-alih berusaha menyamakan skor, gawang Arsenal justru kembali mengalami kebobolan di menit ke-15. De Bruyne memberikan umpan tarik dari sisi kiri kepada Raheem Sterling. Tanpa kesulitan berarti, Sterling mengkonversi peluang tersebut untuk membawa The Citizens memimpin 2-0.

Tak puas dengan dua gol, Man City terus menampilkan permainan menyerang. Pada menit ke-22 Ilkay Gundogan mencoba peruntungannya dengan melayangkan tendangan jarak jauh. Akan tetapi, bola masih melambung dan tidak mengubah papan skor.

Man City baru bisa mencetak gol lagi di menit ke-40. De Bruyne dengan mudahnya menembus lini pertahanan Arsenal. Gelandang asal Belgia itu menemukan celah untuk melepaskan tembakan yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang Arsenal. Man City menjauh 3-0 dan skor ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Arsenal mencoba bangkit dengan tampil lebih menekan. Pada menit ke-48, mereka mendapat peluang lewat sundulan Aubameyang setelah mendapat umpan dari Ainsley Maitland-Niles. Meski begitu, bola masih melenceng tipis ke sisi kiri gawang.

Di sisi lain, Man City juga tidak berhenti menyerang Arsenal. De Bruyne benar-benar menjadi sosok yang menakutkan malam ini. Pada menit ke-55 gelandang asal Belgia itu melancarkan tembakan dari dalam kotak penalti usai menerima umpan sundulan Gundogan. Beruntung bagi Arsenal, bola sepakan De Bruyne masih bisa diblok.

Pada menit ke-62, Man City kembali mendapat kesempatan untuk mengeksploitasi pertahanan Arsenal. Kali ini giliran Gabriel Jesus yang memperoleh peluang melayangkan tembakan. Sayangnya, bola masih bisa dihentikan sebelum melewati garis gawang.

Sementara itu, Arsenal yang butuh tiga gol guna menyelamatkan muka, nampak kesulitan untuk bisa mengembangkan permainan. Man City benar-benar tidak membiarkan kubu tuan rumah bergerak bebas. Pada akhirnya, hingga pertandingan usai, Arsenal tak mampu menciptakan satu pun gol. Laga berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Man City atas Arsenal.

Arsenal: Bernd Leno; Ainsley Maitland-Niles, Sokratis Papastathopoulos, Calum Chambers, Sead Kolasinac; Matteo Guendouzi, Lucas Torreira; Nicolas Pepe, Mesut Ozil, Gabriel Martinelli; Pierre-Emerick Aubameyang.

Cadangan: Bukayo Saka, Reiss Nelson, Emile Smith Rowe, Alexandre Lacazette, David Luiz, Emiliano Martínez, Joe Willock.

Man City: Ederson; Kyle Walker, Fernandinho, Nicolas Otamendi, Benjamin Mendy; Ilkay Gundogan, Rodrigo, Phil Foden; Kevin De Bruyne, Gabriel Jesus, Raheem Sterling.

Cadangan: Riyad Mahrez, Oleksandr Zinchenko, Angelino, Bernardo Silva, Claudio Bravo, Eric Garcia, Joao Cancelo.