Detak-Palembang.com TAKENGON – Kodam Iskandar Muda mengadakan acara syukuran Hari Juang TNI AD ke 74, HUT Infanteri ke 71, HUT Kodam Iskandar Muda ke 63, HUT Korps Wanita Angkatan Darat ke 58 tahun 2019 dan hari Ibu ke 91 di pantai Gayo Babuli, Danau Lut Tawar, Takengon Aceh Tengah, Senin (23/12/2019).

Acara syukuran itu pimpin langsung oleh Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko dan di hadiri Kasdam IM Brigjen TNI A Daniel Chardin, Kapok Sahli, Irdam, Danrindam IM, para Pa Ahli Pangdam IM, Asisten Kasdam IM, Kabalakdam IM, para Dansat jajaran Kodam IM, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Muda Ny. Cut Soraya Indratmoko dan Wakil ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Muda Ny. Intan Daniel Chardin bersama pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Mudadan Prajurit TNI serta Kowad jajaran Kodam IM.

Dalam sambutannya Pangdam IM mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit atas pelaksanaan tugas, peran dan pengabdian yang telah diberikan kepada TNI AD khususnya Kodam Iskandar Muda selama ini.

Pangdam IM berharap kerjasamanya terus berlanjut untuk dapat bersama-sama memajukan Kodam Iskandar Muda.

Pelaksanaan syukuran ini sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT, tuhan yang maha kuasa atas segala nikmat yang tercurahkan kepada kita semua prajurit Kodam Iskandar Muda.

Melalui acara ini juga kita menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan tugas pokok Kodam Iskandar Muda di wilayah Provinsi Aceh, sehingga seluruh tugas dapat dilaksanakan dengan baik.

Peringatan hari Juang Angkatan Darat yang sebelumnya hari Juang Kartika merupakan perjalanan panjang pengabdian TNI Angkatan Darat yang tidak terlepas dari kerja keras dan pengabdian para pendahulu-pendahulu kita yang telah meletakkan dasar-dasar pembinaan  dan pembangunan TNI Angkatan Darat, sehingga mencapai kemajuan seperti saat ini, sesuai tema “TNI Angkatan Darat adalah kita”.

Prajurit Kodam Iskandar Muda bersyukur telah mendapatkan penilaian positif dan kepercayaan yang besar dari masyarakat Aceh, hal ini sangat penting dalam upaya menyukseskan setiap tugas yang kita emban. Penilaian dan kepercayaan tersebut harus kita buktikan dengan sikap dan perilaku prajurit yang bertaqwa, solid, profesional dan humanis. ”Kodam Iskandar Muda Profesional Kebanggaan Rakyat”.

Seiring berjalannya waktu tanggal 22 Desember 2019 Korps Wanita Angkatan Darat berusia 58 tahun. Dalam mengembangkan profesionalismenya prajurit Kowad harus konsisten, namun tetap dapat menempatkan diri sesuai harkat, kodrat dan martabat kewanitaannya yang tertuang dalam kode etik “Sad Satya Sri Sena”. Tema kowad tahun 2019 : Kowad Profesional TNI AD Kuat. Kowad Bukan Mawar Penghias Taman Tetapi Melati Pagar Bangsa.

Usai memberikan sambutan, Pangdam IM melakukan pemotongan Tumpeng dan diberikan kepada prajurit berprestasi yakni Sersan Satu Muhamad Tuah Hasibuan personel Kodim 0106/Aceh Tengah yang merupakan Babinsa terbaik tahun anggaran 2019 di Kabupaten Aceh Tengah dan Serda (K) Irsalina Baoperator Jasdam IM yang pernah meraih medali Perunggu pada Kejuaraan Muathai, Sea Games 2019 di Filipina.

Selanjutnya, Pangdam IM memberikan piagam penghargaan kepada Babinsa dan Kepala Desa yang meraih juara perlombaan Desa Mandiri di wilayah Kodam Iskandar Muda.

Juara I diraih Kepala Desa Meunasah Mon Cut Kec. Lhoknga Mukhsen dan Serda Erik personel Kodim 0101/BS, juara II Kepala Desa Suka Makmur Kec. Simpang Kiri Amirudi Padang S.H dan Kopda Badari personel Kodim 0118/Subulussalam dan juara III Kepala Desa Tanjung Neraca Kec. Manyak Payed AsriL dan Sertu Setia Darma Putra personel Kodim 0117/Atam.

Dipilihnya di dataran tinggi Gayo Takengon tersebut, ingin merasakan suasana yang berbeda atau suasana baru yang dilaksanakan secara sederhana, sekaligus ingin mempromosikan keindahan Danau Laut Tawar.

Menurut Pangdam IM, tempat wisata di Aceh Tengah banyak menyimpan objek wisata yang indah dan tidak kalah hits dengan daerah lainnya yang ada di Indonesia. Ditambah pemandangan alamnya yang masih sangat alami dan sejuk.

Selanjutnya pada akhir acara juga dilakukan pembagian Doorprize pada prajurit, PNS dan Keluarga besar Kodam. Dengan hadiah utama berupa 2 paket Umroh, 2 motor, puluhan sepeda gunung, Kulkas, TV Lcd, mesin cuci dan ada ratusan hadiah hiburan lainya.

Sebelum acara syukuran itu dimulai, Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, Kasdam IM, pejabat utama Kodam IM, prajurit TNI dan Ketua Persit dan Wakil Persit beserta pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Daerah Iskandar Muda melaksanakan Gowes (sepeda santai) serta secara bersamaan juga dilaksanakan Lari marathon 10 K yang diikuti prajurit Batalyon Infanteri Raider 113/Jaya Sakti dan Batalyon Infanteri Raider 114/Satria Musara.

Untuk diketahui, dalam rangka Hari Juang TNI AD ke 74, HUT Kodam Iskandar Muda ke 63 dan HUT Korps Wanita Angkatan Darat ke 58 tahun 2019, Kodam Iskandar Muda mengadakan beberapa kegiatan diantaranya Karya Bhakti, Bhakti Sosial, Turnamen Bola Voli, Gowes dan Lari marathon10 K.