Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kodam II/Sriwijaya menggelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Bidang Operasi TA. 2019. Rapat Evaluasi Progja dan Anggaran ini dipimpin langsung oleh Asops Kasdam II/Swj Kolonel Inf Maychel Asmi, psc., S.E., Senin (23/12/2019) bertempat di gedung Sudirman Makodam II/Sriwijaya Km. 2,5 Palembang.

Rapat yang berlangsung selama satu hari ini diikuti sekitar 118 peserta yang berasal dari seluruh Satuan jajaran Kodam II/Swj yang terdiri dari para Komandan Satuan, para Perwira dan Bintara Operasi Satuan dan perwakilan baik dari Satuan Tempur (Satpur), Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur), Satuan Detasemen dan Baterai serta Satbalakdam maupun Satuan Teritorial (Korem dan Kodim).

Dalam sambutannya, Asops Kasdam II/Swj Kolonel Inf Maychel Asmi, psc., S.E., mengatakan bahwa, tujuan digelarnya Rapat Evaluasi Progja dan Anggaran Bidang Ops TA. 2019 tersebut adalah untuk mengetahui apa yang menjadi kekurangan, kendala dan hambatan dalam pelaksanaan seluruh kegiatan selama TA. 2019, sehingga akan dapat diperbaiki dan diminimalisir kelemahan dan kekurangan tersebut pada kegiatan selanjutnya.

Asops menyampaikan bahwa, kegiatan rapat evaluasi yang dilaksanakan merupakan bukan kegiatan rutinitas, tetapi kegiatan tetsebut untuk mengukur keberhasilan dan kekurangan dalam pelaksanaan program.

Dia menekankan agar dalam setiap melaksanakan kegiatan latihan agar mempedomani referensi latatihan guna mencapai tujuan dan sasaran latihan sesuai yang diharapkan.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, masing-masing Komandan Satuan agar mengantisipasi perkembangan situasi, menyiapkan pasukan standby forces beserta alpal, dengan melaksanakan latihan penanggulangan konflik sosial dan penanggulangan bencana serta berkoordinasi dengan satuan terkait.

“Faktor keamanan menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan latihan tanpa mengabaikan tujuan dan sasaran latihan yang harus dicapai”, ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Asops juga menekankan agar meningkatkan terus pembinaan satuan  (binsat) agar siap melaksanakan tugas.

Dia juga menambahkan agar Tradisi satuan bagi prajurit yang baru masuk satuan harus menjadi protap satuan dan dilaksanakan dengan penuh kehormatan dan kebanggaan.

Sementara itu,  Waasrendam II/Swj Letkol Arn Budi Isdarwanto menyampaikan bahwa, Dipa TA. 2020 telah diserahkan ke K/L pada tanggal 14 November 2019 lalu. “Untuk itu, segera lakukan pengecekan dan langkah-langkah persiapan pelaksanaan program kerja dan kegiatan dengan mempedomani PMK No. 143 Tahun 2018”, ujarnya.

Selain itu, dia mengingatkan para Pejabat Ops Subsatker baik yang ada di Kodam, Batalyon maupun Balakdam harus dapat berperan sebagai pejabat perencanaan serta berkoordinasi dengan Srendam.

Dia juga menekankan bahwa, hasil evaluasi pelaksanaan zona integritas mewajibkan agar satuan yang mendapat kategori WBK/WBBM di TA. 2020 harus bertambah banyak. 

“TA. 2019 hanya 4 Satker dari 239 Satker TNI AD, diantaranya Rumkit TK. IV Dr. Bratanata Unang Jambi Kodam II/Swj)”, kata Letkol Budi.

Kegiatan Rapat Evaluasi Program Kerja dan Anggaran Kodam II/Swj Bidang Operasi TA. 2019 kali ini diisi dengan paparan Asops Kasdam II/Swj, Asrendam II/Swj, Irdya Ops Itdam II/Swj, Kabaglat Rindam II/Swj, Danyonif 144/JY dan paparan Kasiops Korem 044/Gapo, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.