Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kepala Staf Kodam (Kasdam) II/Sriwijaya Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., menghadiri Apel Konsolidasi Operasi Mantap Brata Musi 2018 – 2019 yang digelar Polda Sumsel.

Apel yang diikuti ratusan pasukan gabungan TNI/Polri dan Instansi terkait di halaman depan Mapolda Sumsel Jl. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang, Selasa (10/12/2019) tersebut, dipimpin Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan.

Apel Konsolidasi ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumsel Ir. H. Mawardi Yahya dan sejumlah pejabat TNI, antara lain, Aster Kasdam II/Swj, Asops Kasdam II/Swj, Danlanal Palembang,  Danlanud SMH Palembang, Waasintel Kasdam II/Swj, Wakapendam II/Swj, sejumlah pejabat utama Polda Sumsel, unsur Forkopimda Provinsi/Kota Palembang dan para tamu undangan lainnya.

Dilaksanakannya Apel Konsolidasi ini merupakan pengakhiran dari pelaksanaan Operasi Mantap Brata Musi 2018 – 2019 atas pengamanan seluruh tahapan Pemilu tahun 2018 – 2019.

Dalam apel konsolidasi Operasi Mantap Brata Musi tersebut, Wakapolda mengatakan bahwa, operasi yang berlangsung sejak dilakukan persiapan pemilihan anggota legislatif dan pilpres 2019 hingga dilantiknya calon terpilih pada 2019 ini dengan melibatkan lebih dari 5.000 pasukan gabungan berjalan dengan baik.

Secara umum petugas gabungan bisa memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat sebelum hingga pasca pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, 17 April 2019 lalu yang dilaksanakan bersamaan dengan Pemilihan Presiden dan Wapres Periode 2019 – 2024.

Selain itu, pasukan yang terlibat dalam operasi tersebut mampu mengatasi dan mengendalikan potensi kerawanan yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Setiap gangguan kamtibmas bisa diatasi dengan cepat sehingga tidak menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Kondisi kamtibmas di wilayah hukum Polda Sumsel yang kondusif diharapkan bisa terus dipertahankan bersama sehingga kegiatan pembangunan dan aktivitas masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Kondisi kamtibmas yang telah terpelihara dengan baik selama ini perlu ditingkatkan terutama menghadapi pemilihan kepala daerah di tujuh kabupaten dari 17 kabupaten dan kota yang ada di wilayah hukum Polda Sumsel pada September 2020, ujar Brigjen Pol Rudi.