Detak-Palembang.com PALEMBANG – Jemaah Masjid Jami’atul Mukminin Jalan  Ogan RW. 12 Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat 1 Bukit Besar Palembang mengaku terharu atas kedatangan  Gubernur Sumsel H. Herman Deru yang telah menjadikan masjid Jami’atul sebagai lokasi yang dituju dalam safari jumat gubernur dan rombongan pada Jumat (13/12).

“Kami warga disini sangat senang dan berdoa semoga bapak Gubernur diberikan kesehatan sehingga dapat menjalankan tugas membangun Sumatera Selatan disegala bidang,” ujar Ir Muslim selaku Ketua Pengurus Masjid Jami’atul medalam sambutannya.

Dikempatan ini, Ir Muslimin yang juga sebagai tokoh masyarakat  ini menyampaikan sejumlah harapan warga pada H. Herman Deru diantaranya, agar ruas Jalan Ogan di perbaiki, disamping itu warga juga minta dibuatkan tempat pembuangan sampah yang representatif.

Menanggapi harapan warga disekitar Masjid Jami’atul Mukminin tersebut, Gubernur H. Herman Deru menegaskan, tujuan dari dirinya melakukan safari Jumat tidak lain untuk menyambung tali silaturahmi. Selain itu juga dimaksudkan untuk mendengarkan secara langsung keluh kesah masyarakat.

“Aku memang hobi jalan, turun langsung ke masyarakat termasuk safari jumat seperti ini sudah lama dilakukan sejak jadi bupat OKU Timur dulu di tahun 2015. Tujuannya apa?. Salah satunya menjalin silaturahmi dengan ulama dan umat. Selain mencari tau apa yang menjadi harapan masyarakat,” tegas Herman Deru.

Terkait dengan perbaikan ruas jalan dalam Kota Palembang, pada tahun 2019 ini. Herman Deru menegaskan, dirinya telah menggelontorkan dana yang  tidak sedikit untuk membantu Walikota Palembang memperbaiki jalan mulai dari Talang Jambe, Gandus dan kawasan lainnya di dalam Kota Palembang.

“Aku tau pak Wako Harnojoyo kesulitan dana untuk perbaikan jalan dalam Kota Palembang ini. Selain daerahnya luas alokasi dana APDB-nya juga terbatas. Makanya kita bantu melalui dana dari Provinsi,” tambah Herman Deru.

Lebih lanjut Herman Deru menambahkan, untuk  pengadaan pengolahan sampah dikawasan sekitar Jalan Ogan. Dia meminta agar direncanakan dengan matang. Sehingga sampah  tidak hannya sebatas mampir di pembuangan sementara kemudian diangkut.

“Saya maunya buat perencanaan yang matang, jika perlu pakainjasa konsultan. Nanti ajukan pada saya. Saya ingin sampah yang sibuang menghasilkan sesuatu yang berguna. Misalkan sampah sayur atau daun nantinya bisa jadi pupuk kompos. Jadi ada nilai manfaatnya bagi masyarakat,” imbuhnya.

Herman Deru  juga mengingatkan warga untuk tetap meningkatkan keimanan  dan manjaga ukhuah Islamiah. 

Dikesempatan ini gubernur juga memberikan bantuan untuk keuangan Jami’atul Mukminin.