Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Guna memberikan informasi kepada wisatawan baik lokal maupun mancanegara terkait event yang diselenggarakan di Kota Palembang pada tahun 2020 mendatang, Dinas Pariwisata Kota Palembang me-launching Calendar of Charming Event 2020.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan, sepanjang tahun 2020 mendatang sudah 100 event terjadwal. Dari 100 event tersebut pihaknya mengelompokkan dalam lima tema. 

“Tahun 2020 ada peningkatan event di Kota Palembang menjadi 100 event dibandingkan  tahun 2019 terdapat 65 event. 100 event kita kelompokkan ke dalam lima tema yakni Cap Go Meh Event, Ziarah Kubro Islamic Event, 1337 anniversary of Palembang Event, Independence day of Indonesia, dan Sport Tourism event,” jelas Isnaini di Lenggok Resto, Selasa (17/12).

Isnaini menguraikan, tema Cap Go Meh Event terdapat 35 event akan berlangsung mulai bulan Januari hingga bulan Maret. Tema Ziarah Kubro Islamic Event terdapat 13 event berlangsung pada bulan Maret hingga Mei. Tema 1337 Anniversary of Palembang Event terdapat 21 event berlangsung dari bulan Mei hingga bulan Juli.

Tema Independence day of Indonesia berlangsung sepanjang bulan Agustus dengan jumlah kegiatan 11 event, dan untuk tema Sport Tourism event berlangsung dari bulan September hingga akhir tahun dengan jumlah kegiatan 20 event,” urainya.

Ia juga memberikan peringkat top event kepada 24 kegiatan. 24 top event ini beberapa diantaranya meliputi, Sriwijaya Lantern festival, Cap Go Meh Kampung Kapitan, Pithecanthropus Indonesia, Karnaval Budaya Nusantara, Pemecahan Rekor MURI dan lainnya. 

“Dari sebanyak event ini salah satu event terbaru yang digelar adalah Sriwijaya Lantern Festival dibulan antara Januari dan Februari yang akan menerbangkan ratusan lampion. Serta Karnaval Budaya Nusantara yang direncanakan digelar bulan Mei, akan kembali menghidupkan Pawai pembangunan yang dulu sempat ada,” bebernya.. 

Selain itu, ia mengaku pihaknya juga akan menambahkan paket wisata yakni paket wisata religi berbasis Sungai Musi yang saat ini dalam tahap pematangan. 

“Pawai pembangunan yang pernah digelar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman akan kita hadirkan lagi dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kota Palembang,” ujarnya. 

Isnaini menargetkan jumlah kunjungan wisatawan yang datang yakni sebanyak 2,2 juta kunjungan pada tahun 2020. Ia tidak ingin muluk-muluk dalam target, ia hanya menaikkan 100 ribu kunjungan dibanding tahun sebelumnya.