Pelaku menunjukan sangkar burung yang menjadi barang bukti polisi menangkap pelaku

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Akibat ulahnya melakukan aksi pencurian burung murai batu pada 2 November 2019 lalu sekitar pukul 10.00 WIB di Rumah Restudi Dwi Atmoro (59) yang ada di Jalan Padang Selasa, Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat (IB) I Palembang.

Alhasil Kanero alias Delut (19) warga Jalan Sultan Moh Mansyur, Kelurahan 32 Ilir, Kecamatan Ilir Barat (IB) II Palembang diamankan di kediamannya oleh anggota Team Khusus Anti Bandit (Tekab) 134 Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Kepolisian Resor Besar Kota (Polrestabes) Palembang, Sabtu (30/11) sekitar pukul 17.30 WIB.

Pelaku diamankan tanpa perlawanan dan langsung dibawa unit Reskrim Polrestabes Palembang untuk dilakukan pengembangan dan interogasi mengenai aksi yang dilakukannya tersebut.

Kasat Reskrim Polrestabes Palembang, Kompol Yon Edi Winara membenarkan kalau anggotanya mengamankan pelaku di kediamannya tanpa adanya perlawanan yang dilakukan pelaku dan langsung dibawa ke Polrestabes Palembang.

“Pelaku kita amankan lantaran ulahnya melakukan pencurian di rumah korban dengan mengambil burung murai batu milik korban yang ada di sangkar sedang tergantung di depan rumah korban,” ujarnya Senin,(2/12)

Pelaku tidak beraksi sendirian tapi bersama temannya IIn (DPO), usai mendapatkan burung tersebut pelaku bersama temannya ini langsung kabur. “Waktu kejadian informasi yang kita dapatkan dari korban bahwa pada saat itu korban sedang ke pasar,” katanya.

Kemudian ketika korban kembali ke rumah warga sudah ramai berada di depan rumah dan mengatakan bahwa burung korban sudah tidak ada lagi atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian satu ekor burung murai batu dan selanjutnya korban melaporkannya ke Polrestabes Palembang.

“Atas laporan tersebut anggota unit Tekab 134 Polrestabes Palembang melakukan penyelidikan dan penyidikan hingga berhasil mengamankan pelaku di rumahnya,” ungkapnya. Kemudian diinterogasi dan pelaku mengakui bahwa benar telah melakukan pencurian dengan pemberatan bersama rekannya IIN (DPO). Selanjutnya tersangka berikut barang bukti satu buah kandang burung berwarna coklat.

Sementara itu, pelaku Delut mengaku nekat melakukan aksi pencurian burung tersebut bersama Iin (DPO) lantaran untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Saya kepepet tidak ada uang sementara saya tidak ada kerjaan sehingga nekat mencuri burung itu bersama Iin,”pungkasnya