Detak-Palembang.com BELU – Dalam memperingati hari Pahlawan yang ditetapkan pada tanggal 10 November, personel Pos Laktutus Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ berinisiatif untuk memberikan ilmu pengetahuan tentang tugas pokoknya dalam menjaga tapal batas Negara di Kab. Belu Nusa Tenggara Timur.

“Kegiatan ini berkat kerja sama Letda Inf Jefri selaku Danpos Laktutus Satgas Yonif R 142/KJ bersama pihak SMA Raimanuk yang berada di Dusun Fatuleno B Desa Foheka Kec. Nanaet Duabesi Kab. Belu sehingga mereka dapat menyusun rencana kegiatan secara bersama-sama,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas (11/11/2019).

Kegaiatan yang telah disepakati berupa penjemputan anak SMAN Raimanuk, gelar apel bersama di Pos Laktutus, bebagi kebahagian dengan extra puding, kegiatan wisata edukasi patok perbatasan, pengetahuan tentang kompas dan peta, pengenalan pos, melatih psykologi dengan bermain dan dokumentasi foto bersama.

“Kegiatan wisata edukasi tapal batas Negara dilakukan agar anak-anak SMA selaku generasi muda penerus Bangsa dapat mengetahui dan memahami tugas tanggung jabat kita sebagai Satuan Pengamanan Perbatasan NKRI, sekaligus memperingati hari Pahlawan tanggal 10 November,” jelasnya Dansatgas lebih lanjut.

“Kami juga mengenalkan sususan regu patroli patok berupa Pok Pam 2 orang, Danpat, Tanyanrad, Pok Penyergap 2 orang dan Pam Belakang 1 orang, ini merupakan regu patroli yang telah ditetapkan dalam SOP,” tegasnya Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.

Terlihat rasa gembira dan antusias dari wajah anak-anak SMA Negeri Raimanuk dalam melaksanakan tahap-tahap kegiatan yang dilaksanakan bersama personel Pos Laktutus sehingga diharapkan mereka dapat mengambil hikmah dan manfaat dari setiap kegiatan yang dilaksanakan.

Terpisah, Bpk. Godefridus Zufri Ngampu, S.Pd (48) selaku kepala sekolah SMAN Raimanuk menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama yang dilakukan bersama Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ.

“Kami sangat berterima kasih kepada Satgas Yonif R 142/KJ yang telah berinisiatif untuk bekerjasama dalam memajukan pendidikan anak-anak sekolah yang berada di perbatasan,” ungkapnya.

Sementara itu, Prada Amar Yasir selaku personel Pos Laktutus menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan peran TNI dalam mendukung pembangunan masyarakat dibidang pendidikan untuk kesejahteraan Rakyat.

“Kami berharap mereka dapat mengambil hikmah dari kegiatan ini sehingga bermanfaat dalam mengisi kemerdekaan kedepan,” tandasnya.