Detak-Palembang.com BELU, NTT – Dalam rangka memperingati hari Pahlawan tanggal 10 November, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif R 142/KJ memberikan wawasan ilmu pengetahuan tentang batas-batas Negara di perbatasan kepada siswa-siswi SD Inpres Fohululik di Desa Lutharato Kec. Lamaknen Selatan Kab. Belu NTT.

Hal ini disampaikan oleh Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M. di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Atambua NTT (06/11/2019).

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan wisata Wawasan Kebangsaan yang diselenggarakan Pos Fohululik Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ merupakan salah satu wujud dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada anak usia dini selaku generasi penerus Bangsa tentang pengenalan terhadap bentuk batas-batas Negara seperti CBDRF (Common Border Datum Reference Frame), BSP (Border Sign Post) dan PBN (Pilar Batas Negara) untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesi.

“Kegiatan ini didampingi langsung oleh Danpos Fohululik Sertu Ediyanto Simangunsong yang mana sesuai dengan SOP personel patroli patok berjumlah 7 orang yang terdiri atas Pok Pam Depan dua orang, Danpat, Tayanrad, Pok Penyergap dua orang dan satu orang sebagai Pam Belakang, serta 2 orang personel kesehatan yang disiagakan, hal ini dalam rangka menghindari sesuatu hal yang tidak kita inginkan,” ujar Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, tanda-tanda batas Negara terletak disepanjang sektor timur garis perbatasan RI-RDTL, sehingga tanda-tanda tersebut belum dikenali oleh anak-anak usia dini baik bentuk maupun karakteristiknya, sehingga Satgas Pamtas berupaya untuk mengenalkan bentuk dan karakteristik tanda batas Negara guna menambah ilmu pengetahuan anak-anak usia dini selaku warga Negara Indonesia,” jelasnya lebih lanjut.

Seperti yang dilakukan personel Pos Fohululik, lanjut Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M. mereka berinisiatif untuk mengadakan wisata Wawasan Kebangsaan dengan memberikan ilmu pengetahuan tentang bentuk dan karakteristik batas-batas Negara secara terperinci kepada anak-anak usia dini, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang perlunya kita menjaga perbatasan kepada anak-anak usia dini.

Terpisah, Ibu Maria H.K Olo Bau, M.Pd (51) selaku Kepala Sekolah SD Inpres Fohululik mengucapkan rasa terima kasih kepada personel Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ atas diadakannya kegiatan wisata tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI yang mana telah ikut andil dalam mencerdaskan siswa-siswi SD Inpres Fohululik dalam rangka memberikan Wawasan Kebangsaan tentang ilmu pengetahuan tentang batas-batas Negara,” ungkapnya

Bpk. Reno Bere (28) selaku guru pembimbing menyampaikan ucapan terimakasih kepada personel Pos Fohululik atas kegiatan tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ atas ilmu pengetahuan Wawasan Kebangsaan yang diberikan kepada siswa-siswi SD Inpres Fohululik,” ucapnya.

Sementara itu, Songki Bere (12) yang merupakan salah satu siswa SD Inpres Fohululik mengucapkan rasa terima kasih personel Satgas Pamtas karena telah memberikan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI yang telah memberikan ilmu kepada kami, sehingga kami bisa tahu dan mengerti nama-nama batas Negara yang ada di perbatasan seperti CBDRF, BSP dan PBN,” tuturnya.

Sertu Ediyanto Simangunsong selaku Danpos Fohululik menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Pahlawan pada tanggal 10 November setiap tahunnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Pahlawan pada tanggal 10 November, dan kami berharap apa yang kami lakukan dapat bermanfaat bagi anak-anak SD Inpres Fohululik selaku generasi penerus Bangsa pengisi kemerdekaan mendatang,” tandasnya.