Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda (Finda) mengunjungi rumah Rita Jalan Bendung Dalam Gang Bonsai RT 035 RW 009 Kelurahan 8 Ilir Kecamatan Ilir Timur Tiga Palembang yang mengalami musibah rumah roboh, Rabu (20/11).

“Setelah saya lihat memang rumahnya roboh dan tidak layak lagi. Saya sebagai Wakil Walikota akan membantu membangunkan kembali rumah ibu Rita melalui program Pemkot Palembang,” ujarnya.

Finda menambahkan, bahwa Pemkot mempunyai program bedah rumah, baik dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PU Pera KP) maupun program dari Baznas Kota Palembang

“Pemkot palembang memiliki kegiatan bedah rumah untuk membantu membangunkan kembali rumah. Untuk rumah Ibu Rita bedah rumah melalui program dari Baznas,” jelasnya.

Ia melanjutkan, untuk bedah rumah program Baznas ini akan diberikan bantuan sebesar Rp50 juta. Namun ia menyampaikan juga bahwa untuk mendapatkan bantuan bedah rumah haruslah memenuhi persyaratan.

“Persyaratannya adalah lahan yang akan dibedah haruslah benar-benar dimiliki oleh yang bersangkutan dalam hal ini milik Ibu Rita. Tidak ada persoalan lainnya, selama persyaratan terpenuhi maka rumah Ibu Rita akan dibangunkan,” ungkapnya.

Karena dana Bedah rumah ini berasal dari Baznas, maka Finda menghimbau agar masyarakat membayarkan zakatnya melalui Baznas. Baznas akan mengembalikan zakat itu ke masyarakat melalui program bedah rumah, bantuan pendidikan, kesehatan, bantuan modal dan lainnya.

“Baznas akan membangunkan dengan membelikan bahan-bahan, tukang nya tidak diberikan uang tunai. Bedah rumah yang dilakukan oleh PU Pera KP sudah banyak , tetapi melalui Baznas sampai akhir tahun ini sudah 18 rumah dibedah,” tutupnya.