Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pelaku pembobolan kantor Koperasi di Jalan Candi Angsoko, Kelurahan 20 ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) I Palembang pada 19 Juni 2019 lalu berhasil ditangkap Team Khusus Anti Bandit (Tekab) 134 Kepolisian Resor Besar Kota (Polrestabes) Palembang.

Pelakunya Andrea Rizki Areda alias Gondong warga Jalan Ki Gede Ing Suro, Lorong Sungai Tawar 3, Kelurahan 29 Ilir, Kecamatan Ilir Barat (IB) II Palembang diamankan di rumahnya saat sedang tertidur, Jumat (22/11) sekitar pukul 23.30 WIB.

Namun saat akan ditangkap pelaku mencoba kabur dari anggota Tekab 134, sehingga anggota terpaksa melumpuhkan pelaku dengan timah panas di kaki sebelah kanan. Kemudian langsung dibawa ke Rumah Sakit (RS) Bari untuk menjalani operasi pengangkatan timah panas dan pelaku langsung dibawa ke Polrestabes Palembang usai operasi.

Kasat Reserse Kriminal (Reskrim) Polrestabes Palembang, Kompol Yon Edi Winara didampingi Kanit Tekab, Iptu Tohirin mengatakan, pelaku ini sudah lama masuk Dalam Pencarian Orang (DPO) dan berhasil diamankan di rumahnya.

“Pelaku sudah menjadi DPO kita sekitar enam bulan usai kejadian pembobolan kantor koperasi yang dilakukan pelaku, tapi saat akan ditangkap pelaku mencoba kabur dan sudah dikasih peringatan, namun tidak dihiraukan hingga diberikan tindakan tegas,” ujarnya, Minggu (24/11).

Kejadian ini berawal pada 19 Juni 2019 lalu sekitar pukul 01.00 di Tempat Kejadian Perkara (TKP), dimana pelaku merusak teralis depan rumah lalu masuk kedalam kantor dan mengambil alat-alat kantor berikut uang tunai sebesar Rp 35 Juta.

Usai mendapatkan barang dan uang, pelaku lalu keluar dengan cara memecahkan kaca pintu keluar akibatnya korban Eddyanto Winoto warga Jalan A Yani, Lorong Sepakat, Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I Palembang mengalami kerugian satu buah server merk HP Prolink ML110 Gen9 Xeon E5 2603 Ram 16 Gb, Laptop Asus Zenbook Pro UX550VD, akibat kejadian pencurian tersebut korban mengalami kerugian yang ditaksir sebesar Rp 91 juta.

“Atas dasar laporan polisi korban LPB / 1279 / VI / 2019 / SUMSEL / RESTA / SPKT, tanggal 19 Juni 2019, Tekab 134 melakukan penyelidikan dan penyidikan berhasil mengamankan pelaku di kediamannya,” katanya.

Sementara itu, Pelaku Gondong mengakui perbuantsnnya telah melakukan aksi pembobolan kantor Koperasi milik korban. “Saya nekat melakukan ini pak lantaran kebutuhan ekonomi keluarga, dan setelah melakukan aksi saya tidak kemana-mana dan ada di rumah bersembunyi,”pungkasnya