Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumsel, dengan tema, “Sinergitas Pembangunan IPOLEKSOSBUDHANKAM, Kita Wujudkan Sumsel Maju Untuk Semua”, Senin, (18/11/2019) pukul. 09.37 Wib, bertempat di Balroom 1 Lantai 2/C1 Floor Hotel Wyndham Jln. Gubernur H.A. Bastari Desa Sungai Kedukan Kec. Rambutan Kab. Banyuasin, Sumsel.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain ; Gubernur Sumsel H. Herman Deru, S.H., M.M., Ketua DPRD Prov. Sumsel Hj. Anita Noeringhati, S.H, M.H., Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Firli Bahuri, M.Sc., Kabinda Sumsel Brigjen TNI Ruddy Prasemilsa, Kepala BNNP Sumsel Brigjen Pol Drs. Jhon Turman Panjaitan, Ketua Pengadilan Tinggi Sumsel DR. H. Soedarmadi, S.H, M.H., Ketua Pengadilan Tinggi Agama  Sumsel diwakili oleh Drs. HR. Zaini, SH, M.H I., Ketua KPU Sumsel Dra. Kelly Mariana, para Bupati dan Walikota Se-Sumsel, para Ketua DPRD Kab/Kota Se-Sumsel, para Kapolresta Se-Sumsel, para Dandim Jajaran Korem 044/Gapo, para Kajari Se-Sumsel, para BAPPEDA Kab/Kota Se-Sumsel, para Kesbangpol Kab/Kota Se-Sumsel serta para OPD dan FKPD Prov. Sumsel.

Selain dalam rangka meningkatkan silaturahmi, koordinasi sinergitas dan keterpaduan antara Forkopimda Prov. Sumsel dan Forkopimda Kab/Kota Sumatera Selatan. tujuan digelarnya rapat koordinasi antara Forkopimda Provinsi Sumatera Selatan tahun 2019 adalah tercipta serta terpeliharanya situasi dan kondisi yang kondusif bagi penyelenggaraan pemerintahan dalam pembangunan dan kehidupan bermasyarakat di daerah melalui peningkatan urusan pemerintahan umum dan peran Porkopimda di daerah.

Dalam kegiatan Rakor tersebut, juga dirangkai dengan acara penyerahan DIPA Petikan APBN Tahun TA. 2020, Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) dan Piagam Penghargaan WTP oleh Gubernur Prov. Sumsel. Selain itu, juga dilaksanakan acara Penandatanganan Komitmen Sumsel Bebas Asap dan Karhutlah Tahun 2020 antara Pemerintah Prov. Sumsel dengan Pemerntah Kabupaten/Kota se-Sumsel.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., menyampaikan ceramahnya tentang, Pengembangan Lingkungan Strategis ( Lingstra) dalam situasi Golbal, Regional dan Nasional.

Pangdam juga menjelaskan tentang Tugas Pokok TNI AD bagi kepentingan pertahanan dibagi menjadi 2 (dua) yaitu OMP dan OMSP serta Renstra pembangunan satuan Kodam II/Swj tahun 2020-2024, Renstra Validasi Satuan dan alih Kodal Satuan.