#Gubernur Bersama Menpora Kick Off Grand Final Gubernur Cup  U – 20 Tahun 2019

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemprov Sumsel atas terselenggaranya kejuaraan sepak bola liga U -20 Piala Gubernur Sumsel Tahun 2019.

Hal ini diungkapkan Zainudin Amali saat Kick Off Grand Final Liga U -20 Piala Gubernur Tahun 2019, di stadion gelora Sriwijaya Jakabaring, Minggu (17/11) siang.

“Kami sampaikan apresiasi kepada Gubernur H. Herman Deru. Kami bangga Pemprov Sumsel telah melaksanakan percepatan pembangunan persepakbolaan nasional melalui Gubernur Cup ini,” kata Zainudin Amali.

Dirinya menambahkan Sumsel adalah Pilot Project pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019 tanggal 25 Januari 2019 tentang percepatan pembangunan persepakbolaan nasional. Mengingat daerah ini yang merespon dengan cepat inpres tersebut.

“Sumsel adalah Provinsi pertama di Indonesia yang melaksanakan Inpres. Adalah kewajiban bagi kita untuk melahirkan bibit-bibit unggul sepakbola Nasional. Apalagi Sumsel sebelumnya pernah sukses melaksanakan pesta olahraga tingkat Asia Tenggara – Sea Games, dan Asian Games tahun 2018,” tegasnya.

Dikatakan,  pada tahun 2020 Indonesia akan menjadi tuan rumah piala dunia U -20. Menpora Zainudin Amali berjanji akan   menjadikan Jakabaring Sport City sebagai training camp Piala Dunia U -20.

“Mudah-mudahan Jakabaring menjadi training camp. Ini segera kita upayakan dan usulkan kepada FIFA, sebab fasilitas di JSC mendukung dan telah memenuhi standar Internasional,” imbuhnya.

Kepada para pemain dari kedua kesebelasan yang bertanding pada grand final liga U -20, Menpora Zainudin Amali berpesan agar mengutamakan sportivitas dalam bertanding.

Sementara itu Gubernur H. Herman Deru, dalam sambutannya, mengatakan turnamen sepakbola Piala Gubernur Sumsel ini merespon Inpres Nomor 3 Tahun 2019 tanggal 25 Januari 2019 tentang percepatan pembangunan persepakbolaan nasional. 

“Selain itu juga dimaksudkan untuk memberi panggung bagi anak-anak muda berbakat se-Sumsel. Bisa dibayangkan akan Ada sedikitnya 8 ribu lebih atlet dan official sepakbola Sumsel, yang akan berprestasi di tingkat nasional dan Internasional. Inilah kancahnya. Inilah panggungnya, Turnamen Piala Gubernur Sumatera Selatan U-20”, tegasnya.

HD meyakini dari turnamen ini akan lahir pemain-pemain hebat dari Sumatera Selatan. Untuk itu, dirinya selaku Gubernur bersama seluruh Bupati/Walikota se-Sumsel mendukung penuh turnamen ini, sekaligus juga untuk menggelorakan semangat berolahraga di provinsi Sumatera Selatan.

“Pada waktunya nanti turnamen ini akan menjadi tonggak persepakbolaan nasional bahkan internasional. Terima kasih kepada Bupati/Walikota se-Sumsel beserta jajaran, juga kepada para sponsor,” pungkas HD.

Turut hadir dalam pembukaan grand final liga U -20, Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Muhammad Marwan, Plt. Deputi IV Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Yuni Poerwanti, Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, Forkopimda Sumsel, Sekda Sumsel Nasrun Umar, dan Ketua Pelaksana Hendri Zainudin.

Dalam babak final Gubernur Cup U-20 Tahun 2019 di Sumsel kali ini mempertandingan kesebasan PS Bank Sumsel (Kota Palembang) VS spartan FC (Kota Lubuk Linggau) dengan 4-0 untuk kemenangan PS Bank Sumsel.