Detak-Palembang.com – Setiap orang berhak dan pasti pernah menangis, sesuatu yang sangat manusiawi. Menangis bukan hanya menunjukkan akan kelemahan kita dihadapan Allah SWT,  dan tapi juga bukan bearti kita lemah dalam berkehidupan didunia fana ini.

Dalam ilmu sain, menangis dapat didefisinikan sebagai proses lakramasi, dimana air mata yang keluar saat menangis membawa racun dari dalam tubuh, juga sekaligus dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi mata yang sekaligus menjaga organ penglihatan. Dengan menangis, hati dapat menjadi tenang, menimbulkan perasaan lega serta bisa mengurangi tingkat stres dan beban fikiran. 

Air mata adalah suatu anugrah atau nikmat dari Allah kepada manusia. 
Air mata akan keluar dengan sendirinya ketika suasana hati tersentuh keharuan dan terjadi juga satu bentuk luapan emosi yang terjadi reflek. Yang dimaksud disini bukan menangis dan mengeluarkan air mata dikarenakan terkena bawang, cabai atau panas api. 

Ada tiga tangisan yang dapat membawa kecintaan Allah kepada hamba Nya. 

  • Air mata takut kepada Allah SWT. 

Air mata seorang hamba yang takut kepada Nya disebabkan tidak ada timbangan dan nilai yang sepadan dengan Nya.  Dan bergetar hatinya bila nama Allah disebutkan. 

  • Air mata penyesalan. 

Air matanya seorang hamba yang menangis karena menyesali telah melakukan perbuatan dosa dosa. Dan bertaubat nasuha dengan senantiasa menjalankan perintah Nya dan menjahui larangan Nya. 

  • Air mata Kerinduan. 

Air mata ini menangis karena betapa rindunya kepada Rosulullah  (Nabi Muhammad SAW)  pembawa wahyu dan kebenaran Al Qur’an. Justru dengan berabad jarak menambah rasa kerinduan kepada Nabi Muhammad SAW yang begitu mulia ajaran dan akhaknya serta iklas mencintai manusia. 

Dikutip dari berbagai sumber. 

Penulis : Winandar Rizada adalah Owner detak-palembang.com