Detak-Palembang.com BELITANG – Apresiasi Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru pada aparat kemanan khususnya jajaran Polres OKU Timur yang telah sukses menjaga keamanan dan ketertiban. Terutama dalam perhelan Pileg dan Pilpres beberapa waktu lalu.

Salah satu daerah yang dinilai sukses menciptakan rasa aman bagi masyarakatnya yaitu Kabupaten OKU Timur.

Atas prestasi tersebut H.Herman Deru memberikan reward berupa bantuan kendaraan operasional berupa berupa 5 unit sepeda motor roda dua dan 1 unit kendaraan roda empat. Yang diserahkan langsung oleh Gubernur H.Herman Deru kepada Kapoles OKU Timur AKBP erlin Tangjaya di Desa Sidomulyo BK IX Belitang, Minggu (24/11).

Menurut Gubernur Herman Deru, bantuan ini merupakan penghargaan kepada aparat kepolisian dan kedepan juga akan di berikan kepada Polres dan Kodim lainya di wilayah Sumatra Selatan.

“Tentunya pemberian bantuan ini dikarenakan komitmen dari aparat kepolisian dan TNI dalam memberikan dan menciptakan rasa aman di kabupatennya,” ungkap Herman Deru.

Gubernur menyarankan, agar aparat keamanan baik kepolisian dan TNI agar terus berkomitmen menjaga keamanan dan memberikan informasi atau masukan kepada gubernur tentang situasi keamanan dan apa yang di butuhkan untuk menunjang rasa aman bagi masyarakat.

“Bari masukan kepada Gubernur selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat, apa yang di butuhkan untuk menciptakan keamanan,” katanya.

Herman Deru menyebutkan, bukan hannya Polres OKU Timur yang diberikan bantuan. Namun juga berlaku bagi jajaran Polres dan TNI yang ada di Kabupaten/kota lainnya yang mampu memberikan rasa aman bagi masyarakat. Karena itu dia meminta agar pihak Polres dan Kodim proaktif dalam menyampaikan kebutuhannya secara tertulis karena yang terkait dengan keuangan harus ada permohonan tertulis.

“Silahkan sampaikan pada saya. Saya akan bantu karena tidak mungkin saya tau jika tidak disampaikan secara tertulis. Bukan saja masalah kendaraan operasional namun juga dapat berupaya perangkat IT untuk kemudahan palayanan pada masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut Herman Deru menambahkan, saat ini perbaikan ruas jalan Provinsi di Belitang telah rampung. Untuk itu tidak ada alasan lagi bagi aparat untuk tidak melakukan razia kendaraan. Sebab tangungjawab pemerintah telah ditunaikan dengan menyediakan jalan yang baik. Tinggal lagi pengguna kendaraan menjalankan kewajibannya membayar pajak.

“OKU Timur harus bebas dari kerusakan jalan. Jangan takut lagi razia. Jalan sudah bagus. Tahun depan akan ada tanda khusus yang akan kita pasang pada nopol kendaraan. Jadi pengguna kendaraan bemotor tau kapan saatnya mereka harus menbayar pajak,” tambahnya sembari menyebut potensi pajak kendaraan di OKU Timur mencapai Rp 50 miliyar pertahun.

Pemberian bantuan kepada Polres OKU Timur di hadiri oleh Asisten Bidang Administrasi Umum dan kemasyarakatan Sekretariat Daerah OKU Timur Drs M Ali Pasi dan juga jajaran Polres OKU Timur.