Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Persatuan Wartawan Indonesia Sumatera Selatan  (PWI Sumsel) menggelar kegiatan Orientasi untuk wartawan di Hotel Amaris, Kamis (07/11). Orientasi dimaksudkan untuk menjadi anggota baru di Organisasi Wartawan pertama di Indonesia, serta peningkatan status wartawan. 

Orientasi PWI Sumsel diikuti oleh 85 wartawan baik yang akan menjadi anggota baru/anggota muda, juga meningkatkan status wartawan dari anggota muda menjadi anggota biasa.

Ketua PWI Sumsel H.Firdaus Komar,S.Pd.,M.Si mengatakan, perekrutan anggota baru lebih pada kualitas bukan pada jumlah wartawannya. Dasar itulah ia membuat tema orientasi “Jadilah Wartawan Profesional, Beretika dan Bermartabat”.

“Kita inginkan wartawan berkualitas. Berkualitas disini diartikan bahwa wartawan mempunyai idealisme dan berintegritas,” ungkap Firdaus Komar.

Selain itu ia menyampaikan, bahwa wartawan harus memiliki tiga hal, yakni pertama berperilaku sesuai dengan Kode Etik dan Peraturan lainnya. Selain itu harus memiliki knowledge atau pengetahuan terkait jurnalistik, terakhir wartawan harus memiliki skill/kemampuan.