Detak-Palembang.com PALEMBANG – Satgas I Karhutla yang merupakan personil gabungan BKO (Bawah Kendali Operasi) dari personil kepolisian, TNI, BNPB, Sat Pol PP berhasil memadamkan api kebakaran lahan dan hutan di OKI dengan luas lahan terbakar 250 hekatere.

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi, Minggu (3/10) mengatakan, terdapat 850 personil gabungan dari Satgas I Karhutla yang merupakan personil BKO tersebut. Adapun rincian jumlah personil yakni TNI 300 anggota, Polri 500 anggota, BNPB 30 anggota dan Sat Pol PP 20 anggota.

“Minggu 3 November 2019 pukul 09.00 WIB, telah digelar apel konsulidasi pasukan BKO Karhutla di Pemkab OKI yang diikuti oleh seluruh personil penanganan Karhutla,” katanya.

Dijelaskannya, Satgas Karhutla BKO tersebut telah berhasil melaksanakan pemadaman kebakaran lahan dan hutan di 12 kecamatan, 28 desa dengan jumlah titik api sebanyak 71 titik.

“Adapun luas lahan Kahrutla yang berhasil dipadamkan Tim BKO ini yakni, pemadaman api lahan gambut seluas 250 hektar,” ujarnya.

Dilanjutkannya, saat ini kondisi OKI
situasi cuaca cerah dan tidak ada lagi kabut asap.

“Dengan telah padamnya Karhutla maka penugasan Satgas BKO di OKI telah selesai, selanjutnya personil segera dikembalikan ke markas masing-masing,”pungkas.