Detak-Palembang.com BELU – Personel Pos Lookeu Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ melaksanakan bantuan tenaga pendidikan dan menyampaikan materi pengetahuan Pancasila kepada siswa SD Inpres di Desa Lookeu Kec. Tafesito Barat Kabupaten Belu, Nusa tenggara Timur (NTT).

Hal ini sampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Atambua NTT (02/10/2019).

Diungkapkan Dansatgas, Kegiatan mereka dilaksanakan di SD Inpres Lookeu Desa Lookeu Kec. Tasifeto Barat Kab. Belu NTT yang ditempuh dengan menggunakan sepeda motor berjarak sekitar 7 KM dengan waktu tempuh 45 menit.

“Kegiatan mereka dipimpin oleh Wadanpos Lookeu Serda Erik Wijaya beserta 6 orang anggota, sesuai dengan SOP dalam melaksanakan suatu kegiatan di daerah penugasan, beberapa personel distandby kan untuk melaksanakan pengamanan di sekitar lokasi kegiatan, hal ini dalam rangka menghindari sesuatu yang tidak kita inginkan,” ujar Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, siswa-siswi di sekolah saat ini sangat membutuhkan materi pengetahuan Pancasila untuk meningkatkan rasa Nasionalisme dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air,” imbuhnya.

Seperti yang dilakukan oleh personel Pos Lookeu, lanjut Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M, yang melaksanakan kegiatan di SD Inpres Desa Lookeu Kec. Tasifeto Barat Kab. Belu NTT.

“Mereka memberikan bantuan tenaga pendidik dan menyampaikan materi pengetahuan Pancasila untuk meningkatkan rasa Nasionalisme pada anak usia dini,” terangnya lebih lanjut.

Dihadapkan dengan situasi saat ini, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ mencoba memberikan wawasan-wawasan yang bersifat Nasionalisme untuk ditanamkan pada anak usia dini.

“Serda Erik Wijaya selaku penyampai materi pengetahuan Pancasila dengan santai melakukan perkenalan dilanjutkan menyampaikan materi pengetahuan Pancasila yang kadang kala diselingi dengan humor dan canda agar siswa-siswi tidak menjadi jenuh,” tegasnya.

Ibu Yustina (42) selaku wali kelas mengucapkan terima kasih banyak kepada anggota Pos Lookeu Satgas Pamtas Yonif Raider 142 /KJ.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI karena selain melaksanakan tugas pengamanan Negara, juga ikut serta dalam memberikan pengajaran kepada siswa-siswi kami,” imbuhnya.

Kepala sekolah Bpk. Bene M.Pd mengharapkan adanya kerja sama yang baik antara TNI dengan masyarakat Desa Lookeu dan berterima kasih karena telah membantu dalam berbagai bidang dengan tulus dan iklas.

Azik (12) selaku ketua kelas 6 menyampaikan terima kasih kepada personel Satgas Pamtas karena telah datang ke sekolahnya.

“Kami senang bapak TNI mengajari kami tentang pengetahuan Pancasila karena biasanya hanya guru kami yang mengajarkan kami, kami bercita-cita ingin menjadi seperti bapak TNI yang bisa datang ke sekolah untuk mengajari kami,” ungkapnya.

Senada yang disampaikan Dansatgas, Serda Erik Wijaya selaku Wadan Pos mengatakan Nasionalisme harus ditanamkan sejak anak usia dini.

“Anak-anak di wilayah Desa Lookeu harus mendapatkan pendidikan yang baik dan layak, diharapkan anak-anak penerus Bangsa di wilayah perbatasan dapat memajukan wilayahnya sendiri, sehingga dapat mendukung kemajuan Negara Indonesia,” tandasnya.