Detak-Palembang.com PALEMBANG – Lagi kembali si jago merah mengamuk dengan melahap satu rumah semi permanen warga di Jalan Sersan KKO Badaruddin Lorong Apollo RT04 RW 02 Kelurahan Sungai Buah Kecamatan IT II Palembang Senin,(14/10) malam.

Ketua Rukun Tetangga (RT) 04 Alex Pawawo mengatakan kebakaran terjadi saat solat magrib sekitar pukul 18.00 WIB. Hal itu membuat warga sempat panik karena api tiba tiba langsung membakar rumah milik M Arifin pensiunan Pusri.

“Itu rumah punya pak Arif yang terbakar. Kebeneran warga pada solat magrib jadi ngumpul langsung ke lokasi kebakaran,”kata Alex ditemui dilokasi

Dia melanjutkan semua warga diperintahkannya jangan panik dengan tidak melakukan aksi penyelamatan. Alhasil warganya disuruh mengambil air yang ada di rumahnya masing-masing untuk menghalau api membesar atau melebar ke rumah lain.

“Saya dan warga langsung memblok api dengan menggunakan air menyiramnya dari seluruh sisi,”tuturnya.

Alhasil warga pun terselamatkan setelah datang lima unit mobil pemadam kebakaran. Si jago merah menyerah dalam kurun waktu lebih kurang dari satu jam. Api hanya membakar bagian kayu lantai dua dan lantai bawah bangunan terbuat dari kayu terdapat warung sedikitpun tidak terjama api.

“Kalau asal api kami tidak tau katanya ada yang dari korsleting listrik ada juga yang bilang dari kompor. Pemilik rumah berada di rumah sakit tapi tidak apa apa. Kalau warga kita juga selamat tidak ada rumah lain yang terbakar,”pungkasnya.

Kapolsek IT 2 Palembang Kompol Milwani mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait asal api. Menurutnya api berhasil di padamkan karena warga mampu bergerak cepat menghubungi dinas kebakaran dan melakukan gotong royong untuk menghalau kebakaran yang besar.