Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap momentum bersejarah Hari Sumpah Pemuda dan mengenang kembali nilai-nilai yang terkandung di dalamnya serta untuk membangun semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan berbegara, Prajurit dan PNS Kodam II/Sriwijaya se-Garnizun Palembang melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91, Senin (28/10/2019) yang dilangsungkan di lapangan apel Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang.

Upacara  peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dipimpin langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., ini ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, pembacaan Teks Pancasila, Mengheningkan Cipta dan pembacaan Pembukaan UUD Negara RI tahun 1945 serta pembacaan Do’a.

Selain itu, juga dibacakan putusan Konggres Pemuda-Pemuda Indonesia tahun 1928, yang antara lain berisi kerapatan pemuda-pemuda Indonesia yang diadakan perkumpulan-perkumpulan pemuda Indonesia yang berdasarkan kebangsaan, dengan nama Yong java, Yong Sumatera, Pemuda Indonesia, Sekar Rukun, Yong Islamieten Bond, Yong Bataks Bond, Yong Celebes, Pemuda Kaum Betawi dan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia. Dalam kerapatan tersebut, pemuda-pemuda Indonesia memutuskan bertumpah darah yang satu, Tanah Indonesia; berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irawan ketika membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainuddin Amali menyampaikan bahwa, Hari Sumpah Pemuda Ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali  komitmen  yang  telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada  tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. “Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa”, ujar Pangdam.

Disampaikan juga bahwa, Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertakwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

“Tema “Bersatu Kita Maju” sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia Maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang   tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia”, terangnya.

Lebih lanjut, Pemuda  adalah  masa depan Bangsa dan Negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia, diharapkan ke depan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia. 

“Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik”, pungkas Pangdam.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung dengan tertib dan khidmat tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat utama Kodam II/Swj, antara lain; Irdam II/Swj Kolonel Inf Yusman Madayun, para Perwira Ahli Pangdam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj dan para Dan/Kabalakdam II/Swj Garnizun Palembang.

Usai melaksanakan Upacara, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan menekankan kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam II/Swj untuk menghindari segala bentuk pelanggaran, baik penyalahgunaan narkoba, menjadi backing maupun jenis pelanggaran lainnya. “Bila masih ada yang melakukan perbuatan itu, segera hentikan”, tegas Pangdam.

Pangdam II/Swj juga menghimbau untuk melaksanakan setiap tugas dan pekerjaan secara profesional, tulus ikhlas, penuh semangat, dedikasi, totalitas dan tuntas agar hasilnya  maksimal dan mencapai yang terbaik.

“Hindari cara kerja yang sekedar asal jadi dan asal jalan. Mulai dari sekarang tanamkan dalam diri masing-masing selalu bertekad dan berbuat untuk memberikan yang terbaik bagi satuannya”, tandasnya.