Detak-Palembang.com PALEMBANG – Bersama tiga kota lainnya, Kota Palembang memperoleh penghargaan sebagai kota ekonomi kreatif oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia, Triawan Munaf di Kota Solo, Senin (07/10).

Masuknya Kota Palembang menjadi empat besar bersama dengan Kota Malang, Kota Kutai Kartanegara dan Kota Majalengka, untuk Kota Palembang dengan kuliner khasnya, Pempek.

Kepala Bappeda dan Litbang Kota Palembang, Harrey Hadi kepada awak media melalui saluran telepon mengatakan, Kota Palembang memperoleh penghargaan karena fokus  dengan keekonomian kuliner khas pempek. 

“Kota memang sudah memasang target masuk empat besar. Tidak banyak daerah yang fokus ekonomi dari kuliner, Palembang fokus dengan kuliner pempek,” ungkapnya.

Menurutnya keberhasilan yang diperoleh bukan hanya keberhasilan pemerintah Kota Palembang, tetapi keberhasilan seluruh masyarakat Palembang. Ia berharap dengan keberhasilan tersebut maka kuliner pempek lebih dikenal lagi dan menjadikan penguatan di sektor ekonomi.

“Penghargaan ini mudah-mudahan menjadikan pempek lebih dikenal lagi. Dengan dikenal lebih luas maka semakin banyak yang  berminat dan pada akhirnya menjadikan penguatan ekonomi Kota Palembang,” tutupnya.