Detak-Palembang.com MUSIRAWAS UTARA – Hadirnya Markas Polres (Mapolres) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) diyakini Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru akan lebih membuat wilayah tersebut lebih aman dari sebelumnya.

Hal tersebut diungkapkannya ketika menyampaikan sambutan disela-sela peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunanMapolres Muratara yang terletak di desa Karanganyar Kabupaten Muratara, Jum’at (18/10) pagi. 

Dalam acara  yang juga dihadiri  Kapolda Sumsel Irjen. Pol Firli Bahuri, Bupati Murataraa Drs. H. M. Syarif Hidayat tersebut, Herman Deru menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi dalam menciptakan rasa aman bagi masyarakat terus dilakukan melalui mitra kerjanya yakni  jajaran aparat Kepolisian.

Agar aparat dapat maksimal dalam menjalankan  tugas mengayomi dan  melayani masyarakat, lanjut Herman Deru  yakni  harus dilengkapi dengan pasilitas yang representatif seperti Mapolres yang segera dibangun.

“Sebagai  kabupaten baru, Muratara  harus dilengkapi dengan  infrastrukur yang memadai. Utamanya  yang paling mendesak  bagi daerah ini adalah  masalah keamanan. Saya yakin dengan  dibangunnya Mapolres di Muaratara ini nantinya kemanan didaerah ini akan lebih kondusif,” tegas Herman Deru.

Herman Deru menilai  kinerja yang ditunjukan Kapolda Sumsel dalam menciptakan kemananan di Bumi Sriwijaya  patut didukung, setidaknya dalam beberapa bulan terakhir sudah beberapa kabupaten  di Sumsel dalam proses pengerjaan pembangunan  Mapolres baru.

“Kita terus berupaya melakukan upaya dalam menciptakan Sumsel yang akan dengan pembangunan  Mapolres. Sejumlah Mapolres yang saat ini tengah proses pembangunan diantaranya Mapolres OKI, Empat Lawang dan hari ini kita letakan baru pertama pembangunan Mapolres Kabupaten Muratara,” tambahnya.

Menurut gubernur, faktor keamanan sangat erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat. Dimana berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS)   tingkat kesejahteraan di Kabupaten Muratara masih tergolong  rendah.   Salah satu faktor pemicunya menurut Gubernur adalah  biaya hidup yang tinggi. Karena itu dia mengajak pemerintah setempat untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat utamanya  bidang keamanan.

“Salah satu aspek yang harus kita tingkatkan adalah pelayan. Karena itu saya minta aparat Kepolisi untuk mempermudah pasokan distribusi  kebutuhan masyarakat. Dan dalam waktu dekat kita akan bangunkan pasar  induk sebagai pusat perputaran ekonomi warga,” imbuhnya.

Sebagai kabupaten terluar yang berbatasan langsung dengan  Provinsi Jambi, Kabupaten Muaratara lanjut Herman Deru harus menjadi daerah yang menjadi etalase  Provinsi Sumsel.

Sementara Kapolda Provinsi Sumsel Irjen. Pol Firli Bahuri dalam kata sambutannya memuji kepemimpinan Gubernur Sumsel H. Herman Deru yang telah membuktikan cinta dan kepeduliaannya dalam memimpin daerah Bahkan dalam tiga bulan Ia menjabat sebagai Kapolda Sumsel sudah tiga polres berdiri sebagai bentuk dukungan Gubernur Sumsel. 

“Dukungan pak Gubernur  luar biasa, dukungan  pembangunan Mapolres OKI  Rp  12,8 Milyar  bantuan dari pak Gubernur. Begitu juga  pembangunan Mapolres  Empat Lawang Rp 12,8 milyar itupun dari Gubernur. Setelah dari sini kita akan ke Kabupaten Pali gedung Mapolres Pali pun sudah berdiri. Ini semua membuktikan rasa cinta dan peduli Pak Herman Deru dengan rakyat tidak bisa kita bayangkan begitu juga dengan rasa sayangnya kepada warga Muratara,” tegas Kapolda.

Firli  berharap Kabupaten Muratara kedepan akan segera  menyusul saudara kandungnya yakni  Kabupaten Musi Rawas dan Kota Lubuk Linggau maju dari segala aspek  utamanya dari sektor ekonomi kesejahteraan rakyat.

“Gubernur kita ini tengah  berupaya menjadikan Sumsel Maju untuk Semua . Kami dari jajaran kepolisian juga  akan berupaya menciptakan keamanan dan menekan terjadinya konflik di Provinsi Sumsel. Polri juga akan ikut andil dalam mensosialisasikan program pemerintah, “ tandasnya.