Detak-Palembang.com SOLO – Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf dan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo resmi membuka Bekraf Festival 2019 di Benteng Vastenburg, Solo pada Jumat malam, 4 Oktober 2019. Momen ini menjadi awal pelaksanaan Bekraf Festival 2019 yang akan berlangsung hingga Minggu, 6 Oktober 2019.

Diawali dengan welcome dance dan fashion show dari program unggulan Bekraf yakni IKKON (Inovatif dan Kreatif Melalui Kolaborasi Nusantara), para pengunjung disuguhi keindahan dari lima daerah yang menjadi lokasi pelaksanaan IKKON 2019. Selain itu, penonton juga diajak menjadi bagian dari pembukaan dengan menyalakan flashlight dan menyanyikan lagu Indonesia Pusaka.

Sementara itu, Walikota Palembang Diwakili oleh Kepala Bappeda Litbang Kota Palembang Harrey Hadi mempresentasi sebagai Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) dilanjutkan dengan Penyerahan Piagam KaTa Kreatif di Festival Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Republik Indonesia 2019 di Fort Vastenburg Kota Surakarta, Jawa Tengah. Sabtu, 5 Oktober 2019.

Kota Palembang menerima Plakat KaTa Kreatif bersama kabupaten/kota lainya di Indonesia yaitu Kabupaten Kutaikertanegara, Kabupaten Majalengka, Kota Malang, Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kabupaten Rembang dan Kota Balikpapan.

“Ada 1.000 pelaku ekonomi kreatif yang siap melayani masyarakat, menjelaskan, memamerkan, dan mempertunjukkan berbagai karya sertakegiatan yang telah dilakukan bersama Bekraf. Kami berharap acara ini memberi inspirasi kepada pelaku kreatif dan pemda untuk mengembangkan ekonomi kreatif di daerahnya,” ungkap Triawan Munaf pada Jumat malam, 4 Oktober 2019.

Pelaksanaan Bekraf Festival 2019 di Solo memberi dampak positif bagi masyarakat dan perekonomian Kota Bengawan. Karena tak hanya banyak pelaku kreatif nasional yang datang ke Solo untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Namun, pelaksanaan kegiatan ini juga membuat hotel di Solo ramai dengan datangnya wisatawan lokal.

Solo merupakan kota ketiga pelaksanaan Bekraf Festival. Acara ini kali pertama dilaksanakan di Bandung pada 2017 dan berlanjut di Surabaya pada 2018.