Detak-Palembang.com PALEMBANG – Komite Sepakbola Wanita Asosiasi Provinsi PSSI Sumsel, menggelar seleksi pra kulaifikasi untuk Pekan Olahraga Nasional (PON XX) di Stadion Bumi Sriwijaya, Senin (21/10).

Kegiatan ini diikuti lebih dari 70 pesepakbola wanita yang berasal dari seluruh Sumsel. Nantinya akan dipilih sebanyak 30 orang yang akan dipersiapkan untuk berlaga pada 23 Novemeber mendatang. Seperti yang disampaikan Exco Asprov PSSI Sumsel, Juanda.

“Setelah terpilih, mereka akan kami ikutsertakan dalam Training Centre (TC) . Mereka juga akan melakukan latih tanding dengan calon lawan yang tentu akan bermanfaat dalam proses ini,” kata Juanda.

Sebab, Asprov PSSI Sumsel menargetkan hasil maksimal untuk bisa lolos dan merebut tiket PON pada cabor sepakbola wanita ini. Setelah sebelumnya tim sepakbola wanita Persimura berhasil menjadi juara dan dikenal secara nasional.

“Untuk di Sumatera kita punya sejumlah oesaing, seperti Sumbar, Babel, hingga Lampung. Oleh sebab itu, kita adakan seleksi untuk mencari yang terbaik agar bisa berprestasi di ajang kali ini,”ujarnya.

Ditambahkan Ketua Komite Sepakbola Wanita Asprov PSSI Sumsel, Yulia Tri Samiha, Sumsel punya peluang besar untuk lolos ke PON. Selain potensi yang dimiliki daerah dalam seleksi kali inu, ada pula sejumlah pesepakbola putri yang kini berlaga di Liga 1.

Perkembangan sepakbola wanita sendiri, katanya cukup signifikan beberapa tahun kebelakang. Sampai cabor ini akhirnya dipertandingkan untuk pertama kali secara resmi pada PON XX yang remcananya digelar di Papua.

“Secara nasional, tentu kita punya banyak pesaing. Utamanya daerah yang lebih dulu mengembangkan sepakbola wanita, termasuk tuan rumah Papua nantinya. Namun, Sumsel akan tetap optimis,” ungkapnya.