Detak-Palembang.com BEIJING –  Spanyol untuk kedua kalinya berhasil merebut gelar juara Piala Dunia bola basket setelah di babak final mengalahkan Argentina 95-75 pada hari Minggu (15/9/2019). Ricky Rubio memberikan kontribusi terbanyak dengan mencetak 20 poin, Sergio Llull menambahkan 15 poin, dan Paul Gasol dengan 14 poin.

Spanyol menjadi tim juara kesembilan yang berhasil melewati ajang ini tanpa terkalahkan. Ini menjadi gelar kedua Spanyol setelah terakhir kali diraih tahun 2006.

“Terima kasih kepada para pemain saya. Mereka luar biasa. Mereka luar biasa sejak hari pertama hingga malam ini. Saya memiliki perasaan yang baik sebelum pertandingan ini, tetapi saya melihat para pemain saya khawatir dan benar-benar khawatir tentang lawan,” ujar Sergio Scariolo, Pelatih Spanyol.

“Kami bukan yang tertinggi atau paling berbakat atau paling berpeluang ketika turnamen dimulai, tapi kami bekerja keras. Mereka tidak kehilangan kepercayaan pada diri mereka sendiri, dan bola basket memberi hadiah kepada mereka.”

Bagi Pau Gasol, gelar juara ini bersejarah. Pasalnya, center Toronto Raptors itu menjadi pemain kedua yang memenangkan gelar NBA  bersama klubnya dan medali emas dunia FIBA ​​pada tahun yang sama. Prestasi serupa juga pernah diraih Lamar Odom – yang melakukannya untuk Los Angeles Lakers dan tim basket Amerika pada 2010.

Dengan ini Pau Gasol mengikuti jejak kakaknya, Marc Gasol yang juga membantu Spanyol meraih gelar juara Piala Dunia yang pertama diraih Spanyol tahun 2006. 

Buat Argentina, kekalahan ini memperpanjang puasa gelar mereka sejak terakhir kali juara tahun 1950.