Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Setelah beberapa kali memperoleh penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup, untuk tahun 2019 ini Pemerintah Kota Palembang mempersiapkan diri untuk kembali memperoleh penghargaan Adipura.

Sebagai persiapan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa mengumpulkan Dinas dan Camat se-Kota Palembang untuk mempersiapkan penilaian oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Apalagi menurutnya pada tahun 2019 penilaiannya lebih ketat dari tahun sebelumnya.

“Penghargaan Adipura merupakan penghargaan yang bergengsi untuk provinsi, kabupaten/kota untuk ditampilkan secara nasional sebagai contoh. Peran Dinas terkait dan camat seluruh kota Palembang serta suruh masyarakat sangat penting untuk menjaga kebersihan,” ingatnya kepada peserta rapat di Ruang Parameswara, Senin (09/09).

Ratu Dewa menegaskan sekali lagi, untuk merebut Adipura, apalagi Adipura Kencana menjadi tanggung jawab semua pihak dan selalu bekerja sama untuk mewujudkannya. Ia meminta tidak perlu lagi berbasa-basi langsung saja pada titik sasaran yang akan dikerjakan.

“Ada 12 titik pantau lokasi untuk Adipura Kencana ini, lokasi tersebut seperti tempat pembuangan sampah, pasar dan taman. Semua titik itu perlu kita perbaiki, masih ada banyak kekurangan disana-sini,” tegasnya.

Ia menambahkan, selain itu lokasi lain seperti jalan yang menjadi titik pantau tim Adipura yaitu kawasan Demang lebar daun, parkir liar dan lain-lain yang akan menjadi poin penilaian dari tim adipura yang akan bekerja pada Minggu akhir pada bulan September 2019.

“Mengenai kebersihan pasar, saya harapkan kepada kepala pasar untuk segera rapat dan melakukan tindakan agar bisa secepatnya berkoordinasi kepada Dinas dan camat terkait.  Ada beberapa pasar yang cukup menjadi perhatian seperti Pasar Gubah dan Pasar Kebon Semai,” ungkapnya.

Ia meminta segera dibentuk tim koordinasi dan pembina, Percepatan Penilaian Adipura Tingkat Nasional dengan susunan Keanggotaan. Setelah terbentuk akan dibuatkan Surat Keputusan (SK) Walikota.

“Insya Allah, kita optimis dapat meraih Adipura Kencana tahun ini, dengan cara gotong-royong bersama dari seluruh elemen masyarakat dan jajaran Pemkot Palembang,” tutupnya.