Detak-Palembang.com JAKARTA – Diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri yang diikuti oleh Badan Kesbangpol Prov./Kab/Kota se Jawa Timur, Badan Kesbangpol Prov./Kab/Kota terpilih se Indonesia, Perwakilan Anggota Tim Perizinan Ormas Asing.

Pemerintah Kota Palembang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala KesbangPol Kota Palembang Kurniawan mengikuti Rakornas yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya (Kamis, 5/9/2019). 

Dibuka secara resmi oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Politik & Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Didi Sudiyana dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan didirikan Ormas adalah untuk berpartisipasi mendukung pembangunan agar berjalan seimbang dengan visi & misi kepala daerah.

Terkait Permendagri 56 Tahun 2017 pasal 2 dijelaskan bahwa Pembentukan Tim Terpadu Pengawasan Ormas bertujuan untuk menjamin :

  1. Aktivitas ormas berjalan efektif & efisien sesuai rencana dan program kerja serta ketentuan PUU.
  2. Meningkatkan kinerja & akuntabilitas Ormas.
  3. Menjamin terlaksananya fungsi & tujuan Ormas yg didirikan WNA.

Sesuai data bahwa Ormas yg sudah terdaftar berjumlah 423.648 Ormas.

Acara Rakornas juga diisi dengan pemaparan materi dari Direktur Ormas, Sesditjen Polpum Kemendagri, Kepala Badan Kesbanpol Provinsi Jawa Timur, Direktur Sosbud & OINB Kementerian Luar Negeri, Kepala Biro Teknik Kerjasama Luar Negeri dan Plt. Kasubdit Ormas Asing.