Detak-Palembang.com MUSI RAWAS – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Musi Rawas melaksanakan rapat persiapan pembukaan pendaftaran bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Kabupten Musi Rawas pada hari Sabtu, 31/08/2019.

Rapat yang langsung dipimpin oleh Ketua DPC PDI Perjuagan Kabupaten Musi Rawas, Ir. Sonny Rahmat Widodo terebut adalah upaya dalam melakukan pemetaan daerah dan penjaringan bakal calon Kepala Daerah pada Pemilihan Umum Kepala Daerah yang diselenggarakan secara serentak tahun 2020 mendatang.

Dalam agenda rapat tersebut dibahas beberapa agenda strategis partai antara lainnya membahas surat dari Dewan Pimpinan Nasional Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Nomor 356/IN/DPP/VIII/2019 tertanggal 28 Agustus 2019.

Sesuai arahan DPP PDIP yang terkait dengan isi pokok surat dimaksud, Sonny menuturkan bahwa DPC PDI Perjuangan Kabupaten Musi Rawas segera akan membukan pendaftaran Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupten Musi Rawas periode 2020 – 2025 pada tanggal 02 – 23 September 2019.

 “PDI Perjuangan membuka pendaftaran bakal calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala daerah Musi Rawas secara terbuka dan kesempatan juga dibuka selebar-lebarnya baik kepada kader sendiri ataupun kepada putra dan putri terbaik Musi Rawas untuk berkompetisi pada Pilkada 2020 nanti” jelasnya.

Selanjutnya Sonny menambahkan untuk teknis administrasi pendaftaran semua terpusat di Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupeten Musi Rawas

“berkas-berkas pencalonan sudah kita siapkan, silahkan datang ke kantor DPC di Jalan Raya Tugumulyo Kelurahan Siring Agung Kecamatan Lubuklinggau Selatan II” tegasnya. 

Sementara itu, dalam surat DPP PDI Perjuangan yang ditandatangani Ketua Penjaringan, Bambang Wuryanto dan Sekretaris Jendral, Hasto Kristiyanto tersebut, dijelaskan mekanisme penjaringan bakal calon kepala daerah mengacu pada Peraturan Partai nomor 24 tahun 2017 tentang rekruitmen dan seleksi calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah PDI Perjuangan.

“Nama-nama balon yang mendaftarkan, selanjutnya akan dikirim ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumsel untuk diteruskan ke DPP PDIP di Jakarta. Seluruh bakal calon yang mendaftar selanjutnya akan mengikutifit and profer testyang dilaksanakan pihak DPP,” papar Sonny.

Untuk diketahui bahwa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan secara nasional dan khususnya di Kabupaten Musi Rawas meruapakan partai pemenang Pemilu.

Melalui Ir. Sonny Rahmat Widodo sebagai Ketua DPC PDIP Musi Rawas telah mampu menghantarkan partai tersebut sebagai double winner, pemenang secara berturut-turut di Kabupaten Musi Rawas. 

Dan pada pemilihan legislatif 2019 lalu, sebanyak 8 (delapan) kader PDIP Musi Rawas telah ditetapkan sebagai Caleg terpilih (Calih). Sehingga dengan demikian, dipastikan hanya PDIP yang memiliki kursi penuh untuk maju pada kontestasi Pilkada 2020 mendatang.