Detak-Palembang.com CHANGZHOU – Kevin Sanjaya/Marcus Gideon menjadi juara China Open 2019 setelah mengalahkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan 21-18, 17-21, dan 21-15 pada final di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, Minggu (22/9).

Ahsan/Hendra terlihat lebih banyak bertahan di awal gim pertama dan berharap Kevin/Marcus sering melakukan kesalahan. Kevin/Marcus unggul 11-10 di interval gim pertama setelah pengembalian bola Hendra saat mengantisipasi smes Marcus keluar lapangan.

Gim pertama menjadi milik Kevin/Marcus 21-18 setelah Kevin berhasil memenangi adu drive melawan Hendra. Pengembalian Hendra tidak mampu melewati net.

Gim kedua Ahsan/Hendra terus tancap gas hingga 18-13 setelah Kevin/Marcus sering melakukan kesalahan sendiri. Ahsan/Hendra kemudian merebut gim kedua dengan 21-17 setelah smes Hendra tidak mampu dikembalikan Kevin/Marcus.

Di awal gim ketiga Kevin/Marcus langsung tancap gas lewat permainan cepat dan unggul 6-1. Pertandingan sempat terhenti saat kedudukan 9-3 untuk keunggulan Kevin/Marcus setelah Ahsan mengalami cedera. Pertandingan kemudian dilanjutkan setelah Ahsan mendapat perawatan tim medis.

Setelah tertinggal 4-11 di interval gim ketiga, ritme permainan Ahsan/Hendra tidak pernah bisa kembali di sisa pertandingan. Kevin/Marcus terus unggul hingga 16-7 di gim ketiga. Terlihat Ahsan/Hendra sudah tidak memiliki tenaga yang cukup untuk meladeni permainan Kevin/Marcus.

Ahsan/Hendra sempat bangkit ke posisi 15-19 dengan susah payah setelah Kevin/Marcus terlihat kehilangan konsentrasi. Kevin/Marcus akhirnya memastikan gelar juara China Open 2019 setelah menang gim ketiga 21-15 lewat smes keras Kevin.

Ini adalah gelar ketiga Kevin/Marcus di China Open setelah menjadi juara pada 2016 dan 2017. Kemenangan ini juga membuat rekor pertemuan Kevin/Marcus vs Ahsan/Hendra menjadi 9-2. Tahun ini Kevin/Marcus tiga kali mengalahkan Ahsan/Hendra.