Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa menerima kunjungan Konsul Jenderal (Konjen) India, Raghu Gururaj di Rumah Dinas Walikota Palembang, Senin (09/09). 

Ratu Dewa menyampaikan kepada Raghu Gururaj bahwa Kota Palembang menjadi salah satu dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia. Ia juga menambahkan Kota Palembang merupakan kota layak huni, kota budaya dan pariwisata.

“Palembang juga merupakan kota di jalur strategis karena dekat dengan Negara)kota internasional yakni Singapura dan Malaysia. Kota Palembang juga memiliki public transportation Light Rail Transit (LRT), sehingga dapat menunjang pertumbuhan ekonomi di Palembang,” ungkapnya. 

Lanjutnya, hubungan Kota Palembang dengan India sudah terjalin lama, sejak kerajaan Sriwijaya. Ia mempersilahkan untuk delegasi ekonomi dan wisatawan datang ke Palembang untuk lebih konkrit kerjasama ekonomi dan pariwisata 

“Tadi Konjen menawarkan kerjasama pendidikan untuk masyarakat Palembang yang akan melanjutkan pendidikan di India, serta akan memberikan beasiswa S2 dan S3 di Universitas Nalanda. Kuta menyambut baik itu,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa Pemkot Palembang juga mempunyai program peningkatan Sumber Daya Manusia, oleh karena itu tawaran pendidikan untuk S2 dan S3 ke India dapat lebih di konkritkan lagi.

“Kita menyambut baik Konjen India bila akan mengadakan festival film-film India di Palembang, apalagi banyak masyarakat Palembang menyukai film-film India,” ucapnya.

Sebelumnya Konjen India mengatakan,  ahwa kunjungan india sebagai permulaan, selanjutnya akan ada delegasi pengusaha dari India yang akan ke Jakarta selanjutnya akan ke Palembang.

“Kami juga akan bertemu dengan Universitas Sriwijaya agar dapat bekerjasama dengan Universitas Nalanda untuk program S2 dan S3. Karena ada hubungan sejarah antara India dan Palembang, maka saya akan melihat peninggalan Sriwijaya yang ada,” cetusnya.

Dalam pertemuan ini kami akan memfokuskan kerjasama di bidang ekonomi, perdagangan, pendidikan, budaya dan pariwisata. Ia juga meminta agar dapat lebih banyak lagi info terkait produk apa yang dapat dikerjasamakan untuk disampaikan ke pengusaha India.

“Kami memilih mengunjungi Palembang, pertama karena hubungan sejarah yang telah lama dilakukan antara masyarakat Palembang dan India. Kedua Palembang merupakan salah satu pusat ekonomi di Indonesia,” tutupnya.