pengadilan tata usaha negara di plaju

Detak-Palembang.com PALEMBANG -Duka kepergian Presiden ke-3 BJ Habibie juga dirasakan masyarakat Kota Palembang.

Disejumlah tempat baik perkantoran, rumah sakit hingga perkampungan mengibarkan bendera setengah tiang sebagai tanda duka cita.

Pantauan Detak-Palembang.com pasca dikabarkannya wafat sosok bapak Teknologi Indonesia itu membuat wong Palembang sebutan masyarakat Palembang juga merasakan pilu. Saat memasuki daerah sepanjang jalan Ahmad Yani Plaju semua tempat mengibarkan bendera.

Bahkan salah satu rumah makan di kawasan itu juga mengaku sengaja membeli bendera dan memasang tiang untuk menghormati figur seorang Habibie.

“Kita juga berduka meskipun tidak mengenal beliau. Tapi dia adalah kebanggan kita semua,”ucap Udah pemilik rumah makan saat dibincangi Kamis,(12/9)

BJ Habibie telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Kamis (12/9/2019). Beliau tutup usia di umur 83 tahun pada Rabu 11 September di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Pemerintah Indonesia menetapkan tiga hari sejak kepergian BJ Habibie sebagai hari berkabung nasional.

Bahkan sejumlah kedutaan besar (Kedubes) negara asing untuk Indonesia turut mengibarkan bendera setengah tiang sebagai tanda berkabung atas kepergian BJ Habibie.

Bendera setengah tiang terpasang di Kedutaan Besar Prancis, di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis siang. Bendera triwarna biru, putih, merah milik negara Prancis dikibarkan setengah tiang berdampingan dengan bendera biru dengan simbol bintang yang melingkar milik Uni Eropa.

Untuk melepas kepergian Presiden ke-3 RI, B.J. Habibie, #KedubesPrancis mengibarkan bendera setengah tiang selama 3 hari berkabung nasional yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia,” tulis akun resmi Kedubes Prancis dalam cuitan di Twitter.

Anggota Pasukan Paspampres membawa jenazah Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie saat prosesi penyerahan jenazah kepada negara di Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9/2019). Jenazah BJ Habibie diberangkatkan ke Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk dimakamkan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Selain Kedubes Prancis, Kedubes Jerman dan Kedubes Jepang juga mengibarkan bendera setengah tiang sebagai bentuk penghormatan untuk Habibie.

Di Kedubes Jerman yang berlokasi di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, bendera negara dipasang setengah tiang berdampingan dengan bendera Uni Eropa.

Lalu di Kedubes Jepang terpasang bendera Hinomaru dikibarkan setengah tiang yang terlihat jelas dari luar lingkungan gedung. (molem)