Detak-Pembang.Com PALEMBANG – Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk masyarakat Kota Palembang, sekarang tidak hanya bisa dilakukan di Bank Sumsel-Babel tetapi sudah bisa dibayar melalui Kantor-kantor POS terdekat.

Pembayaran itu dapat dilakukan setelah ada kerjasama antara Pemerintah Kota Palembang dalam hal ini Badan Pengelola Pajak Daerah (BPPD) dengan Kantor Pos Regional III Sumbagsel.

Kepala BPPD Kota Palembang  Kgs Sulaiman Amin mengatakan, saat ini pajak merupakan primadona dan potensi pendapatan untuk Kota Palembang. Kota Palembang Tidak memiliki Sumber Daya Alam karena itu memaksimalkan pendapatan melalui pajak.

“Untuk mencapai target yang dibebankan kepada kami, maka kami memaksimalkan pembayaran pajak dari masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan pelayanan, dan mempermudah proses pembayaran. Dengan kerjasama ini maka mempermudah masyarakat membayar PBB,” ungkapnya usai Launching Pembayaran PBB melalui Kantor POS, Rabu (11/09).

Lanjutnya, dengan sistem pembayaran melalui Kantor POS selain mempermudah pembayaran juga menghindari petugas pajak bertemu langsung dengan wajib pajak.

“Petugas pajak tidak diperbolehkan memungut pajak door to door, harus melalui rekening dengan sistem yang sudah dibuat. Kedepan tidak hanya PBB, rencananya 11 jenis pembayaran pajak akan kita kerjasamakan, seperti pajak reklame, pajak restoran, pajak hotel, parkir, BPHTB, pajak penerangan jalan dan lainnya,” katanya.

Sulaiman Amin mengapresiasi kerjasama tersebut dan mengucapkan terimakasih kepada Kepala Kantor POS Region III. Ia berharap dengan kerjasama ini mempermudah masyarakat membayar PBB dan pada akhirnya meningkatkan kepatuhan membayar pajak.

Ditempat yang sama Rahmad Sidik, Kepala Kantor POS Regional III Sumbagsel kerjasama pembayaran pajak melalui kantor pos sudah terlaksana secara nasional.

“Secara nasional kami sudah bisa kerjasama menerima pembayaran PDAM, PBB, PLN, Gas Kota, Zakat, Infaq dan Shadaqah,” jelasnya.

Ia menerangkan bahwa Kantor Pos memiliki jaringan hingga ke pelosok daerah, untuk Kota Palembang saja pihaknya memiliki 50 Kantor Pos.

“Harapannya kerjasama ini dapat bermanfaat buat masyarakat. Kami berencana untuk menggunakan aplikasi Pos Giro Mobile untuk pembayaran PBB. Jadi dapat melakukan pembayaran melalui smartphone,” katanya mengakhiri wawancara.