Detak-Palembang.com PALEMBANG – Direktorar Reserse Narkoba Polda Sumatera Selatan (Sumsel) memusnahkan 31.318,56 gram sabu dan 5337 butir ekstasi di halaman Polda Sumsel, Rabu (4/9/2019)

Dihadiri oleh Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol Rudi Setiawan bersama Irwasda, Dirnarkoba dan stake holder lainnya, sejumlah alat pengaduk elektrik blender kecil dan besar siap memusnakan barang haram tersebut.

“Narkoba jenis shabu dan ekstasi dari hasil 11 laporan dengan jumlah 20 tersangka. 5 diantaranya terkait TPPU dan kita berjanji akan memiskinkan pelaku tersebut,” ujar Brigjen Pol Rudi Setiawan.

Ia mengatakan semua tersangka ini dari jaringan yang berbeda-beda bahkan salah satunya jaringan internasional dari Malaysia yang masuk melalui Riau dan menggunakan jalur darat. Dari keterangannya dimusnakannya narkoba ini dapat menyelamatkan 198.172 orang.

Sementara itu, Kasi Narkotika Kejaksaan Kota Palembang, Amanda membenarkan hal tersebut bahwa dari 20 tersangka yang ada 5 diantaranya terkait TPPU.

“Iya ada yang dari Polda, itu saya lupa namanya kalau yang dari BNN atas nama Muhammad. Untuk dari Polda saya lihat lagi,” kata Amanda.

Sebelumnya telah diberitakan bahwa Polda Sumsel menyita aset milik bandar narkoba senilai Rp8,4 miliar hasil tindak pidana pencucian uang (TPPU) atas nama Danil Saputra alias Jamaluddin. Yang saat ini tengah mendekam di lembaga pemasyarakatan Merah Mata, Banyuasin, Sumsel, dengan vonis 10 tahun penjara. (molem)