Detak-Palembang.com PANGKALAN BALAI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin melalui Dinas Kominfo segera melakukan pembangunan lanjutan infrastruktur internet untuk 21 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Banyuasin.

Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH melalui Plt. Kepala Dinas Kominfo Aminuddin, S.Pd., S.Ip., MM berharap dengan adanya program ini sistem pelayanan pemerintah di kecamatan dapat berlangsung baik, cepat, dan mudah.

‘Kebutuhan akses internet saat ini sudah menjadi kebutuhan mendasar, terutama untuk arus informasi dan pelayanan digital,” kata Aminuddin di Ruang Rapat Dinas Kominfo Banyuasin, Senin (26/08).

Pada rapat koordinasi jaringan infrastruktur kecamatan tersebut, Aminuddin menjelaskan pembangunan ini dalam rangka mendukung dan mensukseskan visi misi Bupati Banyuasin 2018-2023 yaitu Program Banyuasin Terbuka menuju Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera.

Sesuai visi misi, lanjutnya, Pemkab Banyuasn menerapkan Open Government untuk meningkatkan transparansi, akuntability tata kelola Pemerintahan. “Dan mengonlinekan semua Kecamatan secara sehingga pelayanan perijinan dan lainnya terhubung satu pintu disetiap Kecamatan dan terintegrasi dengan Kabupaten,” jelasnya

“Banyak manfaat, terutama untuk pelayanan pembuatan dokumen kependudukan, perizinan online, dan sekaligus mendukung Banyuasin menuju Smart City,” pungkas Aminuddin

Sementara, Kepala Bidang Insfrastruktur TIK Irham Wijaya, SH membeberkan hingga tahun 2019 pihaknya sudah merampungkan pembangunan infrastruktur internet di 13 kecamatan.

“Tinggal 8 kecamatan yang belum, yaitu Kecamatan Pulau Rimau, Selat Penuguan, Karang Agung Ilir, Banyuasin II, Muara Sugihan, Muara Padang, Muara Telang, Tungkal Ilir,” ujar Irham

Turut hadir dalam rapat koordinasi, Camat Pulau Rimau, Camat Banyuasin II, Camat Makarti Jaya, Camat Selat Penuguan, Camat Karang Agung Ilir, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Tarmizi, S.Sos., M.Si.