Detak-Palembang.com PALEMBANG – Warga negara asing (WNA) Rusia Sushakov (43) seorang kru helikopter waterbombing, bertugas untuk membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera Selatan meninggal dunia.

Almarhum meningal dunia usai tiga hari dirawat di RS Siloam Sriwijaya akibat penyempitan pembuluh darah.

Kabid Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengatakan, pihaknya mengetahui bahwa Andrey dirawat sejak Kamis (8/8). Sebelum dirawat, teknisi helikopter Mi-8 RA-22583 ini merasakan sesak napas dan tidak bernapas dengan normal. Andrey menelepon rekannya, Pavel Zakharov untuk minta dilarikan ke rumah sakit.

“Indikasi dokter pada saat itu adalah penyempitan pembuluh darah ke otak. Hari itu juga dilakukan pemeriksaan lebih intensif dan Andrey masuk ke ruang ICU RS Siloam,” ujar Ansori, Selasa (13/8).

Selama 3 hari dirawat, kondisi Andrey di ICU semakin memburuk hingga akhirnya mengembuskan napas terakhir pada Minggu (11/8) sekitar pukul 17.35. Ansori berujar, kini pihaknya sudah menghubungi keluarga Andrey untuk meminta surat persetujuan tindakan otopsi kepada Andrey sebelum dipulangkan ke Rusia.

“Andrey baru ikut andil dalam pemadaman karhutla di sini sejak 2 minggu lalu. Otopsi dilakukan karena memang itu syarat dari negara asalnya sebelum dilakukan pemulangan jenazah. Untuk penyebab pasti kematiannya kita pun menunggu hasil otopsi,” ujar Ansori. (molem)