Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Walikota Palembang, Harnojoyo menerima kunjungan Wakil Walikota Zhang Zhou Fujian dari Negara Republik Rakyat China (RRC), Liu Jialai di Rumah Dinas Walikota Pembang Jalan Tasik, Rabu (21/08).

Wakil Walikota Zhang Zhou, Liu Jialai menyatakan maksud kedatangannya ke Palembang untuk lebih mempererat hubungan antara kota yang dipimpinnya dengan Kota Palembang.

“Hubungan Zhang Zhou Fujian dengan Palembang sudah lama terjadi sejak zaman kerajaan dahulu. Banyak warga Palembang yang merupakan keturunan dari Zhan Zhou,” ungkanya.

Lanjutnya, kunjungannya juga sebagai tindak lanjut atas kunjungan pejabat Pemkot Palembang beberapa waktu yang lalu.  Liu Jialai juga memaparkan secara singkat tentang kita Zhang Zhou kepada Harnojoyo.

“Zhang Zhou Fujian satu kota di Provinsi Tianmen. Zhang Zhou merupakan kota yang berbasis pada pertanian dan perkebunan. Kami berharap bisa bekerjasama dengan Palembang dalam bidang budaya, keuangan dan pertanian,” cetusnya 

Liu Jialai juga mengundang Walikota Palembang untuk menghadiri pameran yang diadakan oleh Zuang Zhou pada tanggal 18 November 2019 yang akan datang.

Sementara itu Walikota Palembang, Harnojoyo merasa senang dan menyambut baik kunjungan dari Wakil Walikota Zhang Zhou ke Palembang.

“Kami sampaikan kepada Liu Jialai bahwa Kota Palembang merupakan kota nomor dua terbesar di sumatera dan tertua di Indonesia. Memiliki 18 kecamatan dengan jumlah penduduk 1,8 juta jiwa menempati wilayah seluas  440 kilometer persegi,” papar Harnojoyo.

Ditambahkannya, Palembang mempunyai hubungan yang cukup kental dengan Tiongkok, itu dibuktikan dengan beberapa budaya Palembang yang juga memiliki kesamaan atau berasal dari Tiongkok.

“Kita juga memiliki kain songket yang warnanya merah dan kuning seperti yang ada di Tiongkok. Juga ada beberapa kuliner Palembang juga berasal dari Tiongkok,” katanya.

Untuk kerjasama yang ditawarkan Wakil Walikota Zhang Zhou, Harnojoyo menyambut baik dan mengatakan beberapa waktu lalu sudah mengirim pegawai Pemkot ke  Zhang Zhou. Selanjutnya untuk teknisnya ia menyerahkan ke pelaksana teknis untuk membahas kerjasamanya.

“Untuk Undangan, Insya Allah saya akan menghadiri. Harapan saya banyak warga Zhang Zhou membawa keluarganya berlibur ke Palembang,” tutupnya.