Detak-Palembang.com JAKARTA – Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Mawardi Yahya menghadiri langsung Upacara Apel Besar Hari Pramuka ke-58 tahun 2019, di Lapangan Utama Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur Jakarta Timur Rabu (14/7) sore. 

Bertindak sebagai Pembina upacara adalah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka. Peringatan Hari Pramuka kali ini mengambil tema ” Gerakan Pramuka Bersama Segenap Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun keutuhan NKRI ”

Apel Besar ini ditandai dengan atraksi paduan suara , atraksi drum band , atraksi kolaborasi pagelaran tari dari Kwartir Daerah DI Yogyakarta dan Papua Barat didukung atraksi senam semaphore. Tak ketinggalan atraksi fly pass Satuan Karya Dirgantara serta atraksi keterampilan dari para Pramuka yang tergabung dalam Satuan Karya Wirakartika , Bhayangkara , dan Dirgantara. 

Sementara lapangan upacara diperindah dengan hiasan – hiasan khas Pramuka , berupa pioneering pembuatan lambang Garuda Pancasila menggunakan bambu dan ikatan simpul tali – temali , serta berbagai proyek pioneering lainnya . 

Di lapangan upacara ini juga terdapat Rumah Kaki Seribu persembahan dari Papua Barat , suatu contoh pioneering asli dari Indonesia yang membuat rumah dengan kayu dan tali akar pepohonan , ikatan simpul tali temali yang telah dipelajari jauh sebelum kegiatan simpul tali – temali diperkenalkan dalam kegiatan kepramukaan .

Peringatan Hari Pramuka ini dihadiri pula oleh sejumlah pejabat negara diantaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, hingga Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Heru Winarko.

Pada Apel Besar tersebut Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka , Komjen Pol (Purn) Drs . H . Budi Waseso, telah menganugerahkan Lencana Tunas Kencana kepada Presiden RI Joko Widodo , Lencana Tunas Kencana merupakan penghargaan tertinggi Gerakan Pramuka bagi orang dewasa , dan sesuai ketentuan dalam Petunjuk Penyelenggaraan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka.

Dalam kesempatan yang sama Presiden RI juga menyerahkan sejumlah tanda penghargaan baik kepada  orang dewasa dalam gerakan pramuka mapun kepada maupun kepada perwakilan para peserta didik.