Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Kota Palembang merupakan Kota tertua di Indonesia, saat ini sudah berusia 1336 tahun. Diusia tersebut Kota Palembang banyak menyimpan  benda ataupun cerita sejarah yang dapat diangkat menjadi film. 

Salah satu investor di bidang cinema, Alvin dan Ivan akan bekerjasama dengan Pemkot Palembang, berencana menjadikan Kota Palembang menjadi Kota Pariwisata. Kerjasama itu dalam bentuk pembuatan wisata film dengan konsep Palembang City of Dream, hal itu disampaikan Walikota Palembang Harnojoyo usai menerima paparan dari konseptor sekaligus investor Palembang City of Dream Alvin dan Ivan, di Rumah Dinas Walikota Palembang, Kamis (08/08).

“Menjadikan kota wisata harus dengan promosi yang baik, salah satunya melalui film ini. Apalagi Palembang memiliki potensi sejarah Kerajaan Sriwijaya yang dapat di ekspose,” ungkap Harnojoyo.

Palembang telah memiliki Brand Image, salah satunya Venesia dari Timur. Tinggal bagaimana membangun Image tersebut agar menjadi daya tarik Pariwisata di Palembang.

“Saya dukung dan lebih cepat lebih baik. Secara teknis apa yang menjadi potensi untuk di ekspose sebagai daya tarik wisata agar segera dilaksanakan,” ucapnya.

Sementara itu Konseptor film dan juga investor film Palembang City of Dream, Alvin mengatakan bahwa Palembang memiliki tematik yang kuat yang masih tersembunyi dan perlu diangkat melalui sebuah film.

“Potensi yang dimiliki Palembang sangat banyak, Karena Palembang merupakan Kota sungai, maka konsep yang akan dibangun adalah Asian River Film Park. Misal contoh di Pulau Kemaro dibangun sungai buatan, dan dibangun teknologi virtual sebagai pendukungnya,”ucap Alvin.

Lanjutnya, bahwa banyak sekali wisata mancanegara yang melihat legenda sebagai tematik. Kota Palembang sebagai East of Venesia menurutnya dapat dibangun konsep East of Atlantis River.

“Saya berharap ini menjadi multiplier efek bagi produk wisata lainnya. Saya berharap bisa menarik satu juta wisatawan, Singapura dengan Universal Studio-nya bisa menarik 5 juta wisatawan,” harapnya.

Kedepan ia berharap, Palembang akan menjadi daerah newbie film. Film ini akan menampilkan talenta lokal, dengan multi bahasa dan disiarkan di mancanegara serta dibuatkan channel khusus Sriwijaya.