Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., memberikan kuliah umum pada acara Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi (Sisdikti) kepada Mahasiswa dan Mahasiswi baru Universitas Politeknik Negeri Sriwijaya Tahun Akademi 2019/2020 di Kampus Universitas Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, Senin (5/8/2019).

Tema kuliah umum yang dibawakan oleh Pangdam II/Swj adalah “Menciptakan Pemimpin Muda Yang Dibekali Wawasan Kebangsaan, Disiplin, Inovatif Dan Inspiratif”. Dalam mengisi kuliah umum tersebut, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., didampingi Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya Dr. Ing, Ahmad Taqwa, MT, para Pembantu Direktur, Ketua Senat Ahmad Zamheri, ST., MT dan Seketaris Senat Dr. Hadi Jauhari, SE., M. Si., tampak hadir Aster Kasdam II/Swj Kolonel Inf Rionardo dan Kapendam II/Swj Kolonel Inf Djohan Darmawan.

Pangdam II/Swj menjelaskan bahwa, ada tiga poin yang penting harus dimiliki seorang pemimpin diantaranya; Pertama, Commandership yaitu seorang pemimpin mampu membawa organisasinya melaksanakan tugas pokok dan memberikan kesejahteraan bagi bawahannya, Kedua, Management ialah seorang pemimpin mampu membawa organisasinya mencapai tujuan secara efektif dan efisien dan Ketiga, Leadership ialah dimana seorang pemimpin akan memimpin organisasinya  (bawahannya) dengan Hati.

Disampaikan juga bahwa, seorang pemimpin muda harus mampu berkomunikasi dan memiliki Wawasan Kebangsaan, selain itu seorang pemimpin muda juga harus memiliki disiplin yang tinggi, baik dirumah, di jalan raya, di kampus dan di masyarakat.

“Disiplin dapat membangun karakter serta membangun diri pribadi seseorang dalam mencapai keinginan yang ingin diraih”, kata Pangdam II/Swj.

Selain itu, Pangdam II/Swj juga mengatakan, timbulnya dampak globalisasi terhadap kehidupan bangsa saat ini ditandai dengan isu demokratisasi, penegakan Hukum dan Ham, Terorisme serta lingkungan hidup diyakini berpengaruh besar terhadap kehidupan suatu bangsa dan bagi keutuhan NKRI.

Menyikapi tantangan dan ancaman serta permasalahan bangsa tersebut, Pangdam mengimbau untuk meningkatkan kembali pemahaman tentang Kebhinnekaan untuk Keutuhan NKRI. “Yang harus kita lakukan adalah kembali ke Koridor Pancasila dan UUD 1945”, tandasnya.

Kuliah umum bersama Pangdam II/Swj tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Pendidikan Dasar Disiplin (Diksarlin) yang diikuti sebanyak 2.402 Mahasiswa/i Baru Politeknik Negeri Sriwijaya Tahun Akademik 2019/2020, sekaligus ditutup secara resmi oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum.