Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda (Finda) bersama Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang, Kamis (15/08) meninjau Pasar Retail Jakabaring untuk memastikan bahan pangan yang dijual pedagang aman dari bahan berbahaya.

Finda ingin memastikan bahwa bahan berbahaya tidak dicampurkan pada bahan pangan yang dijual benar-benar aman dari zat-zat berbahaya.

“Kita akan memastikan tidak ada lagi pangan yang dijual tidak mengandung formalin, borax ataupun zat pewarna pakaian. Tidak hanya di Pasar Retail Jakabaring ini tetapi seluruh pasar yang ada di Kota Palembang,” ungkap Finda.

Lanjutnya, hasilnya hasil pengecekan oleh BBPOM tidak ditemukan zat berbahaya pada bahan pangan yang dijual.

“Kedatangan kita memang sengaja diberitahukan sebagai sosialisasi ke pedagang, kalau kedatangan berikutnya tanpa pemberitahuan. Bila ditemukan pedagang menjual maka akan kita tindak, kita ajukan ke ranah hukum, sanksinya 5 tahun penjara,” tegasnya .

Sementara itu Hardaningsih, Kepala BBPOM Palembang menyampaikan, telah menguji 15 sampel bahan diantaranya tahu, mie basah, cumi kering, ikan giling dan juga bekasam, hasilnya negatif.

Ditambahkannya karena penjual disini grosir mie dan tahu tadi saya pesankan untuk tidak menambahkan bahan-bahan berbahaya.

“Produksi dari Palembang ini juga dipasarkan keluar Kota Palembang seperti ke Banyuasin jika mengandung bahan berbahaya formalin maka nama Palembang juga yang jelek,” cetusnya.