Deta-Palembang.com PALEMBANG – Kapolresta Palembang Kombes Pol Didi Hayamansyah memastikan tidak akan ada penutupan Jembatan Ampera saat perayaan hari raya Idul Adha 1440 H hari Minggu, 11 Agustus 2019.

“Tidak ada penutupan jembatan ampera pada saat malam ini atau takbiran. Juga saat masyarakat beraktifitas saat lebaran Minggu nanti,”kata Didi Sabtu,(10/8/2019)

Dia mengaku meskipun pihaknya mempunyai kewenangan untuk menutup jembatan ampera tentunya tidak bisa dilakukan sepihak. Lantaran sampai menjelang lebaran hari ini belum ada koordinasi dari Pemprov, Dishub atau instansi lainnya meminta adanya penutupan jembatan ampera.

“Sampai sekarang kita tidak ada koordinasi dan rapat tentang hal itu. Artinya tidak bisa juga menentukan penutupan jembatan,”paparnya.

Nah disinggung soal malam takbiran nanti apabila terjadi kepadatan arus volume kendaraan di jembatan ampera apakah akan ada rekayasa jalan. Dijawab orang nomor satu jajaran kepolisian di Kota Palembang ini, menjawab pihaknya tetap tidak akan menutup jembatan ampera.

“Menutup jembatan ampera itu juga sebelumnya kita harus memberi tau masyarakat. Agar terpublik dulu sebelumnya. Sampai sekarang kita belum ada rapat, rencana juga mempublis ke media soal adanya penutupan. Artinya tetap akan kita koordinasikan saja kondisi malam takbiran nanti,”ujarnya.

Lalu bagaimana penerapan solat Idul Adha yang biasa dijalankan masyarakat Kota Palembang di masjid Agung biasanya kerap menggunakan jalan di jembatan ampera. Kapolresta Palembang kembali menjawab soal pengamanan solat apabila masyarakat sudah meramaikan jembatan ampera pihaknya hanya akan melakukan pengalihan jalan selama solat saja.

“Kita akan alihkan masyarakat ke jembatan musi dua dan musi empat. Itu juga saat pelaksanaan solat. Artinya sama seperti malam takbiran kondisional saja,”pungkasnya. (molem)