Detak-Palembang.com PALEMBANG – Untuk pertama kalinya sejak dilantik menjadi Gubernur Sumsel Oktober 2018, H.Herman Deru bertindak menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Detik-detik Proklamasi Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di Griya Agung, Sabtu (17/8) pagi.

Upacara Proklamasi dimulai dengan pengibaran sang saka merah putih oleh anggota Paskibaraka Provinsi Sumsel. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Irup Gubernur Sumsel H.Herman Deru.

Adapun yang bertindak sebagai Perwira Upacara Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Teguh Hardiyo Wibisono dan Komandan Upacara Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sonny Triyanto.

“Walaupun perdana tapi ini sudah sangat luar biasa, sempurna, perfect. Sebagai gubernur saya mengucapkan Alhamdulillah dari pasukannya, pengibar bendera dan peserta upacaranya semua sempurna. Para pemimpin juga semua hadir. Terpenting saya ingatkan lagi ini bukan sekedar seremonial tapi ungkapan rasa syukur. ” ujarnya.

Dikatakan Gubernur,  moment peringatan HUT RI ini harusnya menjadi sarana bagi semua rakyat Indonesia untuk  berterimakasih pada para pahlawan yang sudah mempersembahkan kemerdekaan.

“Apa yang sudah kita lakukan belum apa-apa dibanding apa yang sudah  diperbuat dan diperjuangkan para pahlawan. Mereka sudah korbankan jiwa raga harta dan benda. Kita hanya menyumbangkan tenaga dan pikiran saja. Kenapa kita tidak berbuat dan berjuang maksimal,” ujarnya.

Sejumlah pejabat tampak hadir dalam moment isimewa tersebut. Di antaranya Wakil Gubernur Sumsel H.Mawardi Yahya, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan SIP, Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli,  Ketua DPRD Provinsi Sumsel HM.Aliandra Gantada,  Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel Kartika Sandra Desi, Kajati Sumsel Dr Sugeng Purnomo SH.MHum, Ketua Pengadilan Tinggi Palembang, H.Soedarmadji, Sekda Sumsel Nasrun Umar, Danlanal Palembang Letkol Laut (p) Saryanto,  Pimpinan Bank Indonesia (BI)  Perwakilan Palembang, Yunita Resmi Sari, Walikota Palembang periode 2003-2013 H.Husni dan unsur kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel.

Tak ketinggalan turut hadir Ketua TP PKK Sumsel Hj Feby Deru, Wakil Ketua TP PKK Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya, Ketua DWP Provinsi Sumsel Hj Reny Nasrun, Ketua Persit Sumsel, Ketua Bhayangkari Sumsel. Tak hanya itu tampak hadir juga anak, menantu serta cucu dari  Gubernur Sumsel dan Wakil Gubernur Sumsel.

Rangkaian peringatan hari kemerdekaan RI ke-74 di Sumsel sendiri sudah digelar sejak Kamis (15/8) kemarin berupa penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI melalui Gubernur Sumsel kepada 329 ASN yang telah mengabdi 10, 20 dan 30 tahun di lingkungan Pemprov Sumsel.

Kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan 50 pemuda-pemudi terbaik Sumsel sebagai yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Gubernur Sumsel H.Herman Deru. Pengukuhan digelar dengan sakral dan khidmat di Griya Agung, (15/8) sore. 

Rangkaian berlanjut di hari Jumat (16/8) pagi dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Joko Widodo dalam Rangka HUT RI ke-74 tahun 2019 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumsel, Jumat (16/8). Pada kesempatan ini Gubernur mengaku bangga bahwa visi yang disampaikan Presiden dalam pidatonyo sangat selaras dengan visi yang diusung HDMY.

Pada malam harinya (16/8) rangkaian HUT ke-74 RI dilanjutkan dengan upacara Kehormatan dan  Malam Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Ksatria Kestra Siguntang. Renungan suci ini meupakan perdana bagi Gubernur Sumsel H.Herman Deru sejak Ia dilantik Presiden akhir tahun lalu.

Pada upacara kehormatan itu bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) adalah Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli.  “Ini yang pertama kali buat saya dan sangat mengharukan. Semoga dengan ini kita bisa semakin menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah mendahului kita,” terangnya.