Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Kota Palembang telah beberapa kali memperoleh penghargaan sebagai kota sehat. Penghargaan kota sehat Wiwerda diraih Kota Palembang pada tahun 2011, tahun 2015 dan tahun 2017. 

Asisten III Bidang Pemerintahan Kota Palembang, Agus Kelana optimis penghargaan kota sehat akan kembali diraih oleh Kota Palembang pada tahun 2019. Namun ia mengatakan bahwa untuk tahun 2019 kategori yang diikuti lebih tinggi yakni kategori pengembangan.

“Tahun ini untuk kategori yang lebih tinggi lagi yakni kategori pengembangan. Dengan inovasi-inovasi dari OPD dan leadership dari pimpinan kita , Insya Allah apa yang kita perbuat memenuhi kriteria dari kota sehat, khususnya kualifikasi pengembangan,” ungkapnya di Ruang Balai Kota, Kantor Walikota Palembang, Senin (12/08)..

Lanjutnya, tim penilai dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri akan berada di Palembang selama tiga hari. Mereka akan melihat langsung bagaimana partisipasi masyarakat dalam mewujudkan kota sehat.

“Penilaian meliputi seluruh sektor misalnya sektor,  pendidikan yang dilihat sekolah sehat rencananya akan mengunjungi SMAN 1 yang memperoleh penghargaan sekolah Adiwiyata , sektor perdagangan mereka melihat proses pembuatan pempek beringin, juga ada kawasan penilaian  untuk daerah kumuh yang sudah ditata,” jelasnya.

Agar mempertahankan penghargaan tersebut pihaknya  mendorong partisipasi masyarakat agar mandiri. Selain itu ia menghimbau dan menstimulasi masyarakat agar berperan aktif terutama berkaitan dengan kelayakan kota sehat.

Salah satu tim penilai, Tutut menyampaikan bahwa sudah keliling kota Palembang dan menyatakan poin utama penilaian sudah dijalankan yaitu menjalankan program gotong-royong

“Artinya kota ini sudah komitmen menjalankan hidup sehat yang dipimpin langsung Walikota Palembang. Hal ini akan menjadi penilaian kami juga bagaimana peran masyarakat dalam mendukung program yang dijalankan Walikota,” terangnya.