Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Public Relation Aksi Cepat Tanggap (PR-ACT) Sumatera Selatan, Hening akan menyalurkan air bersih sebanyak 20 tangki kepada masyarakat. Hal itu dikatakannya di Kantor ACT Jalan Jenderal Sudirman (Kamis (22/08).

Penyaluran air bersih kepada masyarakat menurut Hening didasarkan pada prediksi akan berlanjutnya kemarau yang cukup panjang, sehingga masyarakat akan mengalami kesulitan air bersih.

“Untuk hari ini dan besok kita menyiapkan 20 mobil truk tangki yang masing-masing berisikan 7.000 liter air bersih. Untuk titik penyaluran air bersih, kami bekerjasama dengan BMKG guna menyisir lokasi yang dianggap cukup layak diberikan bantuan,” ungkapnya.

Setelah berkonsultasi dengan BMKG maka air bersih akan disalurkan ACT ke daerah Keramasan, Air hitam, Gandus, Jalur 17, Dusun Mulia Sari, Ibul Besar, dan wilayah lain juga seperti Banyuasin serta sebagian di wilayah Palembang pada hari ke dua.

“Program ini bukan yang pertama kami lakukan, sebelumnya sudah pernah dilakukan pada bulan Juli lalu. Prediksi BMKG hujan baru akan turun pada bulan Oktober mendatang,” jelasnya.

 Sementara itu staf program ACT, Reza Ardiansyah mengatakan, kondisi kemarau saat ini sudah termasuk hal yang urgen, walau bencana ini tidak terlalu tampak terlihat

“Kita harap kegiatan ini ikut serta menegur pemerintah bahwa ini sudah urgen, dampak kekeringan ini tidak terlalu tampak, namun cukup berbahaya terutama bagi kesehatan karena kekurangan air bersih dan pertanian yang terancam gagal panen,” terangnya.

Untuk kualitas sendiri ACT mendistribusikan air bersih langsung dari mata air Sukomoro demi menjaga kebersihan air yang akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.