Detak-Palembang.com JAKARTA – Walikota Palembang H. Harnojoyo menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pengendalian inflasi di hotel grand Sahid Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, Menko perekonomian sekaligus Ketua pengendalian inflasi nasional Darmin Nasution, Gubernur Bank Indonesia, Gubernur, Bupati, dan Walikota se-Indonesia. 

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan, acara ini sebagai upaya komunikasi pemegang kebijakan baik pusat maupun daerah dalam upaya stabilitas harga dalam rangka pengngendalian inflasi secara nasional. 

“Dalam pengendalian inflasi kunci utamanya adalah terjalinnya komunikasi yang baik antar pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam pengendalian ekonomi utamanya pengendalian harga serta pembangunan infrastruktur” Ungkap Jusuf Kalla. 

Jika infrastrukturnya baik, lanjut Jusuf Kalla, maka distribusi pangan akan lancar di daerah tersebut. 

“dengan lancarnya distribusi tersebut, maka inflasi dengan mudah bisa kita kendalikan, oleh karena itu kita telah gencar melakukan pembangunan infrastruktur-infrastruktur merata di seluruh daerah” Kata Jusuf Kalla. 

Menko perekonomian sekaligus Ketua pengendalian inflasi nasional Darmin Nasution mengatakan, Pemerintah Daerah juga harus mampu berinovasi dalam pengendalian inflasi tersebut. 

Sementara itu, Walikota Palembang H. Harnojoyo mengatakan, akan terus mendukung Pemerintah pusat dalam pengendalian inflasi. 

“Palembang akan terus melakukan inovasi-inovasi dalam upaya pengendalian inflasi ini, Alhamdulillah Palembang memiliki infrastruktur yang sangat memadai, sehingga roda perekonomian di Palembang berjalan sangat baik” Ujar Harnojoyo. 

Harnojoyo menambahkan, pihaknya juga terus mendorong hidupnya UMKM di Palembang. 

“Kita bina UMKM dan memberikan bantuan modal usaha, sehingga perekonomian di Palembang tetap stabil dengan terus tumbuhnya UMKM di Palembang” Pungkasnya.