Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Berjalannya organisasi dengan baik tidak gerlepas dari orang yang menahkodai organisasi itu. Begitu juga dengan Perusahaan Daerah Pasar Palembang Jaya, agar berjalan dengan baik harus dipimpin oleh orang yang profesional.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan agar didapati pimpinan PD Pasar Palembang Jaya maka harus diseleksi secara profesional, oleh tim seleksi (timsel) yang juga profesional.

“Akan ada seleksi terbuka untuk recruitment jabatan Direktur Utama, Dewan Pengawas dan Para Direktur PD Pasar Palembang Jaya. Untuk itu kita  akan membentuk Panitia seleksi sehingga akan terpilih orang-orang yang benar-benar profesional,” ungkapnya di Kantor Walikota, Jalan Merdeka, Kamis (04/07).

Lanjutnya, untuk membentuk panitia seleksi itu pihaknya akan mempelajari regulasi serta tahapan-tahapannya. Tahap pertama adalah anggaran untuk pembentukan timsel pemilihan Dirut PD Pasar Palembang Jaya, Dewan Pengawas dan jajaran Direktur lainnya akan diambil dari PD Pasar Palembang Jaya.

“Timsel nanti akan diisi oleh orang-orang profesional, akademisi. Timsel akan menentukan kriteria-kriteria untuk calon peserta seleksi. Kriteria itu tetap mengacu pada peraturan Menteri Dalam Negeri dan juga peraturan-peraturan yang ada kaitannya dengan recruitment,” tegasnya.

Ia menambahkan, kalau dahulu siapa yang akan  menjadi Dirut PD Pasar, akan dipilih dari orangnya Walikota terpilih, namun kali ini akan diadakan melalui seleksi terbuka agar terpilih orang yang benar-benar profesional untuk mengelola PD Pasar.

“Nanti akan kita umumkan di media atau di websitenya PD Pasar, website BUMD selama beberapa minggu. Harapan kita jika telah terpilih Dirut PD Pasar hasil seleksi terbuka, nantinya akan dapat mengelola PD Pasar sehingga akan menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang besar,” harapnya.

Ia menyampaikan, hingga saat ini PAD dari PD Pasar Palembang Jaya masih relatif kecil tidak sepadan dengan pasar yang besar. Penyebab kecilnya kontribusi PD Pasar pada PAD salah satunya belum optimalnya pengelolaan.

“Direktur PD Pasar Palembang Jaya terpilih nanti diharapkan akan mengelola pasar menjadi lebih baik dan bagus, belajar dari kesalahan-kesalahan sebelumnya jangan sampai terulang lagi,” pesannya.