Detak-Palembang.com JAKARTA – Walikota Palembang Harnojoyo, yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Yanurpan Yany, menghadiri acara Indonesia International Smart City Expo (IISMEX) 2019, di Jakarta Convention Center, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, Rabu (17/7).

Selain Kadin Kominfo Palembang, turut pula perwakilan dari Dinas Perhubungan Kota Palembang, Bappeda dan Litbang, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Palembang.

Smart City merupakan konsep penyelenggaraan kawasan melalui upaya-upaya inovatif. Meliputi smart living, smart economy, smart people, smart governance, smart mobility, dan smart environment. Kota Palembang termasuk kota yang terpilih dalam program 100 Smart City oleh Kementerian Kominfo RI.

Ada sejumlah parameter utama pemilihan 100 Smart City ini, yakni, kemampuan keuangan daerah, indeks kota berkelanjutan, dimensi pembangunan sektor unggulan, kabupaten/kota berkinerja tinggi, indeks kota hijau, dan dimensi pembangunan pemerataan kewilayahan.

Di IISMEX 2019, selain pameran, dilaksanakan pula Forum Menteri dan panel diskusi.

Sejumlah OPD Pemkot Palembang ikut berpartisipasi dalam panel diskusi.

Adapun materi Forum Menteri bertajuk Mensinergikan Perencanaan Induk dan Pengembangan Kota Cerdas yang Terpadu.

Dilanjutkan dengan Forum Menteri berikutnya, bertajuk Memperkuat Kerja Sama dan Koordinasi untuk Membangun Kota Cerdas, Aman dan Berkelanjutan.

Kemudian Panel Diskusi bertajuk Program Kota Cerdas di Indonesia dan ASEAN.

Kemudian Panel Diskusi bertajuk Pembiayaan Kota Cerdas dan Strategi Pendanaan.

Selanjutnya Panel Diskusi tentang Penanganan Keadaan Darurat dan Bencana.

Panel diskusi tentang Infrastruktur dan Aplikasi Digital.