Detak-Palembang.com LUBUK LINGGAU – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Nasrun Umar melantik dengan resmi Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Lubuk Linggau Periode 2017-2022, bertempat di Gedung Kesenian Kota Lubuk Linggau, Rabu (17/4).

Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel H. Nasrun Umar dalam kata sambutannya mengatakan, penggantian pengurus suatu organisasi merupakan pertanda organisasi itu hidup dan organisasi itu dinamis, serta penggantian pengurus merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya untuk melakukan regenerasi dalam rangka meneruskan dan mengembangkan sumber daya yang ada.

“Dengan adanya penggantian pengurus diharapkan akan tumbuh semangat baru, inovasi baru menuju program-program KORPRI yang mampu memberi rasa dan  warna bagi para anggotanya,” ungkapnya

Menurutnya, Keberadaan KORPRI jangan dianggap hanya sekedar pelengkap suatu Institusi saja, melainkan harus dapat memberikan kontribusi positif kepada bangsa dan negara. Oleh sebab itu pula KORPRI harus mampu memberikan nilai tambah untuk kesejahteraan anggota dan keluarganya, KORPRI harus mampu menjadi perekat pemersatu bangsa dan kedudukan anggota KORPRI adalah para ASN maka harus netral dan tidak boleh berpolitik praktis.

“Dewan Pengurus KORPRI Provinsi mengucapkan selamat kepada Dewan Pengurus KORPRI Kota Lubuklinggau yang baru saja dikukuhkan, semoga dapat melaksanakan dan meneruskan program-program Pengurus yang lama, sehingga keberadaan KORPRI dapat dirasakan manfaatnya oleh para anggotanya,” tuturnya

Lebih jauh Nasrun menuturkan, Di era transformasi KORPRI menjadi Korps Profesi Pegawai ASN, KORPRI akan mengalami perubahan besar, Ia berharap bahwa Korps Pegawai Republik Indonesia tetap menjadi garda terdepan dalam pembangunan karakter bangsa, Jiwa Korsa segenap anggota anggota KORPRI tetap terjaga, dan KORPRI sebagai alat pemersatu bangsa.

“KORPRI saat ini diharapkan mampu menuju masa depan yang lebih baik, tekad dan upaya kita untuk menjadikan KORPRI lebih maju, dan saya berharap bahwa KORPRI mampu menjadi agen perubahan karakter bangsa,” pungkasnya 

Sementara Walikota Lubuk Linggau H. Prana Putra Sohe menambahkan sejak didirikannya pada tanggal 29 november 1971, korpri telah menunjukkan peran dan tanggungjawabnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, bangsa dan negara sesuai dengan tuntutan dan kemajuan jaman. 

“sebagai organisasi yang mewadahi para pegawai negeri sipil atau asn, korpri telah melaksanakan tugas-tugas pemerintah dan melayani keperluan masyarakat dalam berbagai bidang,” tuturnya 

Menurutnya, pelaksanaan tugas pemerintahan dan pelayanan masyarakat yang diemban oleh seluruh anggota korpri telah memberikan kontribusi dalam proses pembangunan selama ini. Terlebih, dalam perjalan sejarahnya, korpri saat ini telah tampil sebagai organisasi yang profesional dan makin mandiri dan mampu mendorong para anggotanya untuk mengemban peran penting dan strategis sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah.

“Aparatur sipil negara sebagai pelayan masyarakat, harus mampu menjadi perekat kemajemukan dalam menjaga kebhinnekaan bersama dengan segenap komponen masyarakat lainnya melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas dalam mewujudkan rasa aman dan tentram di masyarakat. pembangunan harus terus dilakukan secara berkesinambungan dan terarah,” pungkasnya.