Detak-Palembang.com PALEMBANG – Nabi Muhammad SAW pernah menyampaikan kepada umatnya sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Sa’ad, Al-Hakim, Ath-Thobroni bahwa “Sesungguhnya orang terbaik diantara kalian adalah orang yang memberi makan”.

Begitu mulianya posisi seseorang jika secara ikhlas dengan Ridho Allah SWT memberikan makan. Pun juga di Kota Palembang saat ini, ada yang muncul rumah makan yang menyediakan makan gratis setiap Senin sampai Sabtu di Jalan Ahmad Yani, Blok F 17 Kompleks Nigata, Palembang.

Benar saja, rona bahagia pun terlihat dari wajah-wajah mereka yang singgah makan di sana. 

Rumah makan gratis untuk dhuafa ini merupakan program yang prakarsai oleh Leanpuri Foundation. Warga yang makan disini begitu bahagian dan gembira, sebab mereka dapat makan setiap hari secara gratis. “Hari minggu saja yang libur,” 

“Ya, ini merupakan Program Leanpuri Foundation yang diprakarsai oleh Bapak H Herman Deru, Gubernur Sumsel dan keluarga. Dan bahagia sekali hari ini kami melayani mereka kaum dhuafa,”ujar Pelaksana Tugas Rumah Makan Gratis Dhuafa Hayza, Leanpuri Foundation, Irwansyah, Kamis (18/7/2019).

Dia menambahkan, kebahagiaan dirinya bersama tim karena melihat para kaum dhuafa yang hadir merasa terbantukan karena bisa makan gratis setiap hari sehingga bisa menghemat biaya makan siang mereka.

“Dan yang lebih bahagia lagi, baru hari ini dibuka, tadi ada orang yang mau membantu memberikan makan. Artinya ini merupakan program sosial yang sangat baik disambut oleh masyarakat. Sasaran kita adalah bagaimana bisa berbagi, ” ujar Iwan.

Dikatakannya, menu yang disajikan juga sangat memuaskan bagi mereka. Mulai dari ayam, ikan, sambal, kerupuk, dan lain-lainnya. Mereka yang hadir ada dari ibu-ibu dhuafa, tukang becak dan lainnya.

“Tadi ada yang datang bukan dari dhuafa, kita persilahkan karena tidak tahu jadi tidak apa. Mungkin diketahuinya adalah untuk umum, tapi setelah tadi baca dia bilang, oh maaf ya khusus kaum dhuafa ya? Saya sampaikan tidak apa Pak karena tidak tahu,” urainya.

Dijelaskan Irawansyah, awalnya ide ini sekitar satu bulan lalu pihaknya dipanggil langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru untuk menjalankan program Leanpuri Foundation. Dan hari ini merupakan hari perdana dan dibuka 100 porsi bagi kaum dhuafa.

Leanpuri Foundation, adalah yayasan sosial kemanusiaan yang dipimpin oleh Ibu Percha Leanpuri, putri Bapak Gubernur Sumsel. Leanpuri Foundatiin sudah berdiri sejak tahun 2006.

Leanpuri Foundation, mengkhususkan diri bergerak dibidang sosial kemanusiaan, seperti salah satu programnya Rumah Makan Gratis Bagi Kaum Dhuafa ini. ” Terimakasih kita ya. Doakan agar terus bermanafaat bagi masyarakat yang dhuafa,” ujar Irwansyah.

Irwan melanjutkan, Sebelum pelaksanaan pihaknya bersama tim menyebarkan informasi ini baik secara langsung ke masyarakat maupun ke media sosial. Sehingga hari ini cukup ramai.

Konsep prasmanan dan disediakan meja dan kursi ala semu kafe ini pun membuat kaum dhuafa nyaman. Bahkan ke depan akan diajukan untuk dihibur musik agar mereka benar-benar nyaman dan terlayani dengan bahagia.

“Pesan Pak Gubernur dan Ibu Percha putrinya, jika semakin tingginya permintaan maka akan siap ditambah porsinya. Saya optimis bisa berjalan terus dan sekaligus bangga ada program pemimpin skala provinsi yang memberi makan kaum dhuafa secara gratis. Jika ini diikuti oleh pemimpin lainnya, stafnya, anak buahnya dan lainnya maka masyarakat akan sangat bahagia,” pungkasnya.

Untuk diketahui, bagi kaum dhuafa dari manapun jika ingin makan gratis bisa langsung datang setiap Senin sampai Sabtu mulai pukul 11.00 WIB sampai dengan selesai.

Sementara, secara terpisah, Hj. Percha Leanpuri, MBA, Ketua Pembina Leanpuri Foundation, mengatakan, keluarga dan yayasannya sengaja membuat program ini. Tentu diharapkan dapat membantu saudara kita yang kurang mampu. 

“Kita sebisanya berusaha selalu berbagi dengan saudara kita yang membutuhkan. Semoga Allah bisa memberkahi kegiatan kita ini,” ujar Ketua Pembina Yayasan Leanpuri Foundation, Percha Leanpuri yang didampingi Ketua Yayasan Leanpuri Foundation H.Bangun Lubis, M.Si.

Selain itu, kegiatan semacam ini tentu dapat dicontoh oleh pihak pihak yang mampu dalam berbagi , agar saudara kita yang berkekurangan bisa makin banyak yang terbantu. (*)