Detak-Palembang.com PALEMBANG – Ribuan masyarakat dari berbagai penjuru kota Palembang hadir tumpah ruah meramaikan kegiatan Sepedaan dan Senam Masal South Sumatera Funbike 2019 di Pelataran Benteng Kuto Besak, Minggu (28/7) pagi.

Acara ini digagas dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI ke 74 sekaligus membudayakan masyarakat agar mulai membiasakan diri rajin berolahraga. Kegiatan diisi dengan bersepeda bareng Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mengambil start di Griya Agung dan finish di Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

Meski menempuh jarak yang cukup jauh dari kediaman dinasnya, Gubernur Sumsel H. Herman Deru ditemani sang istri Feby Deru tampak bersemangat mengayuh sepedanya. Usai bersepeda dengan mengenakan pakaian sporty, orang nomor satu di Provinsi Sumsel ini pula turut membaur bersama masyarakat untuk mengikuti senam pagi. 

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengaku bangga terhadap antusiasme masyarakat yang begitu tinggi dengan budaya hidup sehat menggunakan sepeda. Menurutnya, kegiatan ini merealisasikan tiga point antara lain menghindari emisi gas buang, berkampanye tertib lalulintas dan ketiga silaturahmi sekaligus melaunching gerakan sumsel bugar.

“Hari ini kita telah melukis sesuatu yang sangat indah secara tidak langsung kita telah memkampanyekan bahwa Provinsi  Sumsel harus bebas dari polusi udara, upaya itu tidak hanya kita lakukan dari spanduk saja tapi hari ini kita melakukan sendiri berkendaraan tanpa mesin yang juga berdampak pada olah fisik kita juga,” ungkapnya. 

Ia juga mengajak seluruh masyarakat  khususnya Warga Kota Palembang untuk tertib berlalu lintas, mematuhi rambu, mengatur kecepatan dan menempatkan kendaraan  pada tempat yang telah diperuntukan.

 “Ada hal yang  juga tidak kalah penting bahwa terjalin komunikasi langsung menjadi ajang silaturahmi bagi komunitas sepeda yang setiap komunitas mengirim perwakilan. Ribuan goweser berkumpul menyemarakkan Kota Palembang dengan sepeda yang berwarna- warni hari ini juga kita berolahraga dengan gembira,” katanya. 

Dalam kesempatan yang sama pula Ia menghimbau komunitas gowes untuk meramaikan event international Ranau Grand Fondo, dimana Provinsi Sumsel didapuk sebagai tuan rumah penyelenggaraannya pada bulan November mendatang. 

“Nanti kita menjadi Tuan rumah sepedaan tingkat Internasional yakni Ranau Grand Fondo akan dikuti banyak Negara. Tidak hanya prestasi tapi rekreasi juga maka tidak dibatasi siapapun yang ikut dan jenis sepeda yang dilibatkan,” tambahnya 

“Maka untuk itu alangkah baiknya para goweser  dan keluarga mempersiapkan fisik mempersiapkan peralatan karna jarak yang akan ditempuh nanti lebih kurang 150 Km mengitari Danau Ranau. Danau yang membanggakan Provinsi Sumsel dan Danau ke dua terbesar di Indonesia ini kita patut bangga dan bersyukur kita punya danau indah sejuk dan juga sangat ramah masyarakatnya,” pungkasnya.